OPTIMALISASI PEMANFAATAN HUTAN MANGROVE BERBASIS EKOWISATA UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT PESISIR KOTA TANJUNGPINANG MENGUNKAN KONSEP LINGKUNGAN BAKAU KITE

Authors

  • Burhan Latif Universitas Maritim Raja Ai Haji

DOI:

https://doi.org/10.31629/jiafi.v1i2.1245

Keywords:

Bakau Kite, Ekowisata, Quadruple Helix Collaboration

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti bagaimanakah kondisi pengelolaan hutan mangrove di KotaTanjungpinang, konsep “Bakau Kite†dapat dikatakan sebagai solusi dalam mengoptimalkan potensi hutan mangrove untuk meningkatkan perekonomian masyarakat pesisir yang berbasiskan ekowisata di Kota Tanjungpinang dan partisipasi masyarakat dalam konsep “Bakau Kite†dengan menggunakan strategi quadruple helix collaboration. Lokasi penelitian di Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau pada lokasi pesisir taman bakau dengan konsep bakau kite yang berbasis pada ekowisata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan hutan mangrove di wilayah pesisir Kota Tanjungpinang dipandang kurang maksimal dan ditinjau dari sisi manfaat ekonomis dan manfaat ekologis juga kurang diperhatikan, Maka perlu dioptimalkan potensi hutan mangrove di wilayah pesisir Kota Tanjungpinang. Mangrove Kite dapat dijadikan solusi untuk menangani berbagai permasalahan pengelolaan hutan mangrove di wilayah pesisir Kota Tanjungpinang.

Downloads

Published

2018-04-30

How to Cite

Burhan Latif (2018) “OPTIMALISASI PEMANFAATAN HUTAN MANGROVE BERBASIS EKOWISATA UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT PESISIR KOTA TANJUNGPINANG MENGUNKAN KONSEP LINGKUNGAN BAKAU KITE”, Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Finansial Indonesia, 1(2), pp. 65–78. doi: 10.31629/jiafi.v1i2.1245.