PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, KEPERCAYAAN DAN EFEKTIVITAS TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN FINANCIAL TECHNOLOGY (FINTECH) (STUDI KASUS: UMKM DI KABUPATEN BANTUL)
DOI:
https://doi.org/10.31629/jiafi.v4i2.3253Keywords:
Fintech, Persepsi Kemudahan, Kepercayaan, Efektivitas, Minat, UMKMAbstract
Financial Technology (fintech) merupakan layanan keuangan yang memanfaatkan teknologi dalam pemakaiannya. Perkembangan teknologi yang cukup pesat menyebabkan munculnya banyak inovasi pada layanan keuangan. Kemudahan dan manfaat yang diberikan akan mempermudah aktivitas penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai macam persepsi yang dapat mempengaruhi minat seseorang dalam menggunakan financial technology (fintech), penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, data berasal dari pelaku UMKM di Kabupaten Bantul tahun 2020 dengan jumlah responden 100. Data diolah dengan menggunakan uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan Uji T, Uji F dan uji Determinasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa persepsi kemudahan berpengaruh positif terhadap minat menggunakan financial technology (fintech) sebesar 29,2%. Pengaruh kepercaaan berpengaruh negatif terhadap minat menggunakan financial technology (fintech) sebesar 11,8% dan efektivitas berpengaruh positif terhadap minat menggunakan financial technology (fintech) sebesar 58,7%.