Pengaruh Word of Mouth, Brand, Awareness dan Strategi Marketing Mix terhadap Keputusan Pembelian Produk Air Minum dalam Kemasan di Tanjungpinang Bintan
DOI:
https://doi.org/10.31629/bi.v7i1.6429Kata Kunci:
word of mouth, brand awareness, strategi marketing mix, keputusan pembelianAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya pengaruh word of mouth, brand awareness dan strategi marketing mix terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan yang berjumlah 395.928 jiwa pada tahun 2022. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah masyarakat Tanjungpinang-Bintan yang pernah mengkonsumsi air minum dalam kemasan (AMDK) yang ditemukan di wilayah Tanjungpinang-Bintan pada saat penyebaran kuisioner. Jenis penelitian ini adalah peneliitian kuantitatif. Data primer penelitian berasal dari kuisioner. Data yang terkumpul daan di uji menggunakan Software Smart PLS 3. Hasil penelitian ditemukan yaitu brand awareness berpengaruh dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian dan strategi marketing mix tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil uji hipotesis nilai berpengaruh dan signifikan terdapat pada variabel word of mouth (X1) terhadap keputusan pembelian (Y), diperoleh nilai t-statistic 3,834 > t-tabel 1,66 dan p-value 0,000 < nilai signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil uji coefficient determination atau goodness of fit (R²) didapat nilai sebesar 0,369 (36,9%), menunjukkan bahwa model penelitian ini moderat karena mampu menjelaskan 39,6% dari keseluruhan penelitian. Sedangkan sisanya 60,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Bahtera Inovasi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.