https://ojs.umrah.ac.id/index.php/bahterainovasi/issue/feed Bahtera Inovasi 2021-05-17T02:48:22+00:00 Nurhasanah nurhasanah@umrah.ac.id Open Journal Systems <p><em>Jurnal </em><em>Bahtera Inovasi</em><em>,</em> diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Maritim Raja Ali Haji, secara berkala (setiap enam bulan) dengan tujuan untuk menyebarluaskan informasi hasil penelitian ekonomi maritim kepada akademisi, praktisi, mahasiswa dan pihak berkepentingan yang tertarik pada penelitian ekonomi maritim.</p> <p>Lingkup penelitian ekonomi maritim yang dimuat dalam <em>Jurnal Bahtera Inovasi</em> meliputi bidang penerapan, pengembangan dan pendidikan ilmu akuntansi, ilmu manajemen dan ilmu ekonomi dalam konsep dasar maritim.</p> https://ojs.umrah.ac.id/index.php/bahterainovasi/article/view/2754 Analisis Pengaruh Kredibilitas Endorses DAI Dalam Iklan Terhadap Minat Beli Pada Produk Telkomsel 2021-05-17T02:48:22+00:00 kiki Wulandari kikiwulandari92@gmail.com <p><em>This research aimed to examine the effect of the</em><em> attractiveness, trustworthiness, expertise toward attitude toward advertisement and attitude toward advertisement</em><em> toward</em><em> purchase intention. </em><em>The research respondent were</em><em> the people in DIY who use Telkomsel provider</em><em>. Data were analized with </em><em>AMOS</em><em>. The result of analyze showed that the </em><em>attractiveness</em> <em>had a significant influence </em><em>to </em><em>attitude toward advertisement</em><em>, </em><em>trustworthiness had a significant influence </em><em>to </em><em>attitude toward advertisement</em><em>,</em><em> expertise</em> <em>had a significant influence </em><em>to </em><em>attitude toward advertisement</em><em>,</em><em> attitude toward advertisement</em> <em>had a significant influence </em><em>to </em><em>purchase intention.</em></p> 2020-11-18T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 Jurnal Bahtera Inovasi https://ojs.umrah.ac.id/index.php/bahterainovasi/article/view/2755 PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHDAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN KEPUASAN PELANGGAN KEDAI KOPI KIMTENG DI PEKANBARU 2020-11-18T05:07:07+00:00 Adhi Nurcahyo Achmad adhinc11@gmail.com Samsir Samsir adhinc11@gmail.com Yulia Efni adhinc11@gmail.com <div class="page" title="Page 1"> <div class="layoutArea"> <div class="column"> <p>Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mengetahui pengaruh langsung mengenai bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian dan kepuasan pelanggan. Tempat Penelitian di kedai kopi Kimteng Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang melakukan pembelian ulang di kedai kopi Kimteng Pekanbaru. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu non probability sampling dengan menggunakan metode simple random sampling, karena pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada di dalam populasi. Menentukan jumlah dengan sampel 5 kali jumlah indikator variabel sebanyak 30 yang digunakan Dengan demikian jumlah sampel yang akan diteliti pada penelitian ini adalah 150 orang. Dalam penelitian ini peneliti akan menggunakan analisis SEM (Structural Equation Modelling). Hasil dalam penelitian ini bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian dan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara bauran pemasaran dan keputusan pembelian terhadap kepuasan pelanggan. Keputusan pembelian mampu memediasi secara positif signifikan antara nauran pemasaran terhadap kepuasan pelanggan.</p> </div> </div> </div> 2020-11-18T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 Jurnal Bahtera Inovasi https://ojs.umrah.ac.id/index.php/bahterainovasi/article/view/2756 PERANAN FAKTOR PROMOSI DALAM MEMASARKAN PRODUK TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kota Tanjungpinang) 2020-11-18T05:11:49+00:00 Iranita Iranita iranita@umrah.ac.id <div class="page" title="Page 1"> <div class="layoutArea"> <div class="column"> <p>Kondisi pandemi corona COVID-19 yang diikuti dengan penerapan social distancing memunculkan perilaku konsumen baru, tetapi di satu sisi ternyata membuka peluang bagi bisnis perbankan, finansial, dan jasa keuangan untuk memacu pemasaran. Salah satu hasil analisa ialah situasi pandemi rupanya memunculkan perilaku konsumen baru. Para pelaku bisnis mengoptimalkan pemasaran online dan digital branding sebagai sarana komunikasi dengan target konsumennya. Didukung dengan Pertumbuhan teknologi informasi yang sangat pesat telah menciptakan peluang bisnis baru dalam mengejar kesuksesan usahanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan faktor promosi terhadap perilaku pembelian online masa COVID-19. Penelitian ini bersifat explanatory research dengan menggunakan analisis faktor. Dalam penelitian ini jumlah variabel yang ditetapkan adalah 7 variabel yang berhubungan dengan faktor – faktor promosi dalam terhadap perilaku pembelian online masa pandemic COVID-19. Hasil dari penelitian ini adalah faktor promosi, adalah satu-satunya faktor yang kuat dalam mempengaruhi perilaku pembelian online masa COVID-19 di Tanjungpinang, dimana Pertumbuhan perkembangan teknologi apalagi di masa COVID-19 telah mendorong webonline memicu antusiasme untuk mengembangkan promosi pelanggan yang responsive</p> </div> </div> </div> 2020-11-18T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 Jurnal Bahtera Inovasi https://ojs.umrah.ac.id/index.php/bahterainovasi/article/view/2757 PENGARUH BELANJA MODAL, PENDAPATAN ASLI DAERAH DAN DANA ALOKASI UMUM TERHADAP KINERJA KEUANGAN DENGAN PENGAWASAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING DI KABUPATEN/KOTA PROVINSI RIAU TAHUN 2014 – 2018 2020-11-18T05:21:48+00:00 Nora Angelina bahterainovasi@umrah.ac.id Yulia Efni bahterainovasi@umrah.ac.id Muhammad Rasuli bahterainovasi@umrah.ac.id <div class="page" title="Page 1"> <div class="layoutArea"> <div class="column"> <p>Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan Pengaruh Belanja Modal, Pendapatan Asli Daerah dan Dana Alokasi Umum Terhadap Kinerja Keuangan Dengan Pengawasan Sebagai Variabel Moderating Di Kabupaten/Kota Provinsi Riau Tahun 2014 – 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah kinerja keuangan daerah yang ada di Provinsi Riau sebanyak 12 (dua belas) Kabupaten/Kota selama tahun 2014 – 2018. Metode pengambilan sampel menggunakan metode sensus atau sampel jenuh, yaitu seluruh populasi menjadi sampel penelitian sehingga total sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 60. Hasil dalam penelitian ini bahwa belanja modal, pendapatan asli daerah dan dana alokasi umum berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja keuangan daerah. Pengawasan berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja keuangan. Pengawasan dapat memoderasi antara belanja modal, pendapatan asli daerah dan dana alokasi umum dan kinerja keuangan daerah</p> </div> </div> </div> 2020-11-18T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 Jurnal Bahtera Inovasi https://ojs.umrah.ac.id/index.php/bahterainovasi/article/view/2758 ANALISIS KINERJA UMKM MITRA BINAAN PT CHEVRON PACIFIC INDONESIA DENGAN MOTIVASI USAHA SEBAGAI VARIABEL MODERASI 2020-11-18T05:30:25+00:00 Harry Kurniawan h.kurniawan.st@gmail.com Machasin Machasin h.kurniawan.st@gmail.com Sakdanur Nas h.kurniawan.st@gmail.com <div class="page" title="Page 1"> <div class="layoutArea"> <div class="column"> <p>Penelitian ini dilakukan pada UMKM Binaan PT Chevron Pacific Indonesia di Riau.</p> <p>Tujuannya adalah untuk mengetahui efek langsung dari pengalaman kerja, keterampilan dan Networking terhadap kinerja UMKM dengan motivasi usaha sebagai variabel Moderasi. Penelitian mengambil Sampel sebanyak 70 UMKM. Variabel yang digunakan adalah pengalaman, keterampilan, Networking, Kinerja UMKM dan Motivasi Usaha sebagai Moderasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis SEM (Structural Equation Modelling).</p> <p>Hasil penelitian menunjukan bahwa usia 40-49 tahun merupakan usia yang memiliki kinerja yang sangat baik dengan nilai 4,20. Dan jenis kelamin perempuan memiliki kinerja yang baik dengan nilai 4,10. Kemudian hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pengalaman kerja, keterampilan dan Networking terhadap kinerja UMKM. sedangkan pengalaman kerja dan keterampilan yang dimoderasi dengan motivasi usaha tidak berpengaruh terhadap kinerja UMKM. Sedangkan networking yang dimoderasi oleh motivasi usaha berpengaruh terhadap kinerja UMKM.</p> </div> </div> </div> 2020-11-18T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 Jurnal Bahtera Inovasi https://ojs.umrah.ac.id/index.php/bahterainovasi/article/view/2759 PENGARUH NILAI PELANGGAN DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG DENGAN KEPUTUSAN BERKUNJUNG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA NEW MARJOLY BEACH AND RESORT 2020-11-18T05:39:16+00:00 Atika Rosifa atikarosifaa@gmail.com Lia Suprihartini liasuprihartini@umrah.ac.id Roni Kurniawan ronik@umrah.ac.id <div class="page" title="Page 1"> <div class="layoutArea"> <div class="column"> <p>This study aims to determine the effect of customer value on visitor satisfaction through visiting decisions, the influence of electronic word of mouth on visitor satisfaction through visiting decisions, the effect of customer value and electronic word of mouth partially on visiting decisions, the influence of customer value and electronic word of mouth partial to visitor satisfaction and the effect of visiting decisions on visitor satisfaction. Determination of the sample using the incidental sampling method, with the sampling technique using the Slovin formula to obtain 96 respondents. The analysis method used in this research is descriptive test, data quality test, classic assumption test, path analysis, and hypothesis testing. The results of the analysis in this study indicate that customer value partially has a significant effect on visitor satisfaction. Partially, electronic word of mouth has a significant effect on visitor satisfaction. Customer value partially has a significant effect on visiting decisions. Partially, electronic word of mouth has no significant effect on visiting decisions. The decision to visit is not able to mediate between customer value and visitor satisfaction and the decision to visit is also unable to mediate between electronic word of mouth and visitor satisfaction. Based on the research results, it is hoped that the new marjoly beach and resort can maintain and increase visitor satisfaction by paying attention to what factors can support customer value and electronic word of mouth.</p> </div> </div> </div> 2020-11-18T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 Jurnal Bahtera Inovasi https://ojs.umrah.ac.id/index.php/bahterainovasi/article/view/2937 Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Pelatihan dan Pengembangan Terhadap Kinerja Karyawan di Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Bintan 2021-01-22T03:52:06+00:00 Fanny Hidayati Eka Putri fatahurrazak@umrah.ac.id Fatahurrazak Fatahurrazak fatahurrazak@umrah.ac.id <div class="page" title="Page 1"> <div class="layoutArea"> <div class="column"> <p>Secara garis besar tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kepemimpinan, motivasi kerja, pelatihan dan pengembangan berpengaruh terhadap kinerja karyawan di Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Bintan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Bintan, dengan jumlah sampel sebanyak 42 karyawan PNS. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang berupa studi kasus.. Hasil pengujian menunjukkan bahwa Kepemimpinan berpengaruh positif terhadap Kinerja Karyawan, Motivasi Kerja berpengaruh positif terhadap Kinerja Karyawan, Pelatihan dan Pengembangan berpengaruh positif terhadap Kinerja Karyawan, Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Pelatihan dan Pengembangan berpengaruh secara simultan terhadap Kinerja Karyawan.</p> </div> </div> </div> 2020-11-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 Jurnal Bahtera Inovasi