Celebrity Endorser, Online Customer Review, Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening pada Marketplace Tokopedia
DOI:
https://doi.org/10.31629/bi.v5i1.3800Keywords:
Celebrity Endorser, Online Customer Review, Online Customer Rating, Keputusan Pembelian, KepercayaanAbstract
Broadly speaking, this study aims to determine the effect of Celebrity Endorser, Online Customer Review and Online Customer Rating partially on Purchase Decision, the effect of Celebrity Endorser, Online Customer Review, and Online Customer Rating partially on Trust, the effect of Purchase Decision on Trust, Celebrity Endorser on Purchase Decision through Trust, the effect of Online Customer Review on Purchase Decision through Trust and the influence of Online Customer Rating on Purchase Decision through Trust. The population in this study were all users of Tokopedia who ever purchased at Tokopedia. Determination of the sample using the incidental sampling method, with the sampling technique using the Lameshow' formula to obtain 100 respondents. The data collection method used is a questionnaire. The analytical method used in this research is descriptive test, data quality test, classical assumption test, path analysis and hypothesis testing. The results of the analysis in this study indicate that Celebrity Endorser partially has significant effect on Purchase Decision, partially Online Customer Review has significant effect on Purchase Decision. Online Customer Rating partially has significant effect on Purchase Decision. Partial Trust has a significant effect on Purchase Decision. Trust is not able to mediate between Celebrity Endorser, Online Customer Review and Online Customer Rating on purchase intention. Based on the research results, Tokopedia is expected to continue to increase Purchase Decision by taking into account the factors that support and support Celebrity Endorser, Online Customer Review, and Online Customer Rating.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- NonKomersial — Anda tidak dapat menggunakan materi ini untuk kepentingan komersial .
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.