ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN KATEGORI KESALAHAN MENURUT WATSON DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN PELUANG SISWA KELAS X IPS 1 SMA NEGERI 2 TANJUNGPINANG

Authors

  • Masdiyana .
  • Febrian .

DOI:

https://doi.org/10.31629/kiprah.v4i1.408

Keywords:

Peluang, Kesalahan Siswa, Kategori Kesalahan menurut Watson, dan Persentase Kesalahan Siswa

Abstract

Materi peluang menjadi fokus dalam studi ini. Studi ini bertujuan untuk menganalisa kesalahan siswa dalam menjawab persoalan matematika terkait topik peluang dan mengkategorikan  kesalahan  tesebut.Analisa  mengarah  pada persentase  jumlah  siswa  yang melakukan kesalahan di setiap nomor soal, persentase kesalahan masing-masing kategori per nomor soal, dan persentase setiap kategori kesalahan seluruh soal. Subjek dalam penelitian ini  adalah  siswa  kelas  X  IPS  1  SMA  Negeri  2  Tanjungpinang  tahun  ajaran  2015/2016, dengan jumlah siswa sebanyak  32 siswa. Penelitian  ini dilakukan  dengan memberikan  tes tertulis  berbentuk  uraian (essay)  sebanyak  empat  soal  yang terdiri  dari 2 paket soal  yang sudah divalidasi oleh guru matematika. Hasil studiberupa jawaban siswa yang dianalisis berdasarkan  kategori  kesalahan  Watson  yaitu  data  tidak  tepat,  prosedur  tidak  tepat,  data hilang, kesimpulan hilang, konflik level respon, manipulasi tidak langsung dan hierarkhi keterampilan.   Hasil   menunjukkan   besarnya   persentase   setiap   kategori   kesalahan   yang dilakukan  siswa  yaitu  kesalahan  data  tidak  tepat  sebesar  9,745%,  prosedur    tidak  tepat

36,324%, data hilang 23,388%, kesimpulan hilang 4,864%, konflik level respon 0,980%, manipulasi tidak langsung 13,674%, dan hierarki keterampilan sebesar 4,611%. Hasil mengarahkan kepada input perbaikan terkait jenis kesalahn yang muncul.

Published

2016-06-29

Issue

Section

Articles