PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT MELALUI BLENDED LEARNING UNTUK MELATIH KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI

  • Cindy Kumala Sari Universitas Negeri Surabaya
  • Harun Nasrudin Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Blended Learning, Keterampilan Metakognitif, Laju Reaksi, NHT

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan metakognitif siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT melalui blended learning pada materi laju reaksi. Rancangan penelitian menggunakan One Group Pre-test Post-test design dengan subyek penelitian siswa kelas XI MIPA-3 SMA Negeri 1 Gedangan. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa pengamatan, tes dan angket. Analisis data menggunakan teknik skor, persentase, n-gain dan paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata persentase keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT selama 3 pertemuan pada tiap fase berturut-turut sebesar 100; 94; 97,22; 91,67; 100; 97,2 dengan kriteria sangat baik dan siswa aktif selama pembelajaran. Nilai gain keterampilan metakognitif pada dimensi planning skills sebesar 0,72 dalam kategori tinggi, monitoring skills sebesar 0,50 dalam kategori sedang, dan evaluating skills memiliki nilai gain 0,47 dalam kategori sedang yang didukung oleh angket inventori metakognitif dalam kategori baik. Pada pretest dan posttest keterampilan metakognitif siswa memiliki perbedaan yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT melalui blended learning dapat melatihkan keterampilan metakognitif siswa pada materi laju reaksi.

References

Adita, E. R., & Azizah, U. (2016). Keterampilan Metakognitif Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Pokok Laju Reaksi di SMAN 1 Manyar Gresik Kelas XI. UNESA Journal of Chemical Education, 5(1), 143–151.

Alsalhi, N. R., Eltahir, M. E., & Al-Qatawneh, S. S. (2019). The effect of blended learning on the achievement of ninth grade students in science and their attitudes towards its use. Heliyon, 5(9), e02424. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2019.e02424

Arends, R. I. (2013). Learning To Teach: Belajar untuk Mengajar. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Chandra, E. (2012). Filosofi Zat dan Materi menrut Jabir Bin Hayyan (Aspek Kimiawi dari Studi Filosofis terhadap Naskah Mukhtar Rasa’il). Jurnal Scientiae Educatia, 1(2), 468–473.

Gao, B. W., Jiang, J., & Tang, Y. (2020). The effect of blended learning platform and engagement on students’ satisfaction—— the case from the tourism management teaching. Journal of Hospitality, Leisure, Sport and Tourism Education, 27, 100272. https://doi.org/10.1016/j.jhlste.2020.100272

Hasanah, M., & Nurita, T. (2021). Respon Siswa terhadap Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Kalor dan Perpindahannya. PENSA E-JURNAL : PENDIDIKAN SAINS, 9(2), 154–158.

Hidayat, S. N., & Sugiarto, B. (2017). Keterampilan Metakognitif Dan Self Efficacy Siswa Kelas Xi Sman 1 Kamal Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Hidrolisis Garam (Metacognitive Skills and Self Efficacy Students of Class Xi Sman 1 Kamal Using Guided Inquiry Le. UNESA Journal of Chemical Education, 6(2), 287–291.

Indahyana, A., & Nasrudin, H. (2021). Analysis Of Critical Thinking Skills In Reaction Rate Using Guided Inquiry With Web-Assisted Courses. UNESA Journal of Chemical Education, 4(3), 214–225.

Kurniasih. (2017). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.

Mahmuda, S., & Azizah, U. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Untuk Melatihkan Keterampilan Metakognitif Pada Materi Asam Basa Kelas Xi Sman 1 Waru the Implementation of Cooperative Learning Type Nht To Train Metacognitive Skills on Acid-Base Matter for the Eleventh G. UNESA Journal of Chemical Education, 9(3), 417–426.

Permendikbud. (2016). Undang-Undang Nomor 20 tahun 2016 tentang standar kompetensi lulusan pendidikan dasar dan menengah. In Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Prakosa, J. B., Sukardjo, J. s., & Mulyani, S. (2013). Penerapan Blended Learning Dengan Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Siswa Kelas Xi Ipa 1 Sma Negeri Gondangrejo Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2(4), 96–101.

Pratiwi, N., & Nasrudin, H. (2019). Melatih keterampilan komunikasi peserta didik melalui model pembelajaran kooperatif tipe nht berbasis pendekatan saintifik pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Unesa Journal of Chemical Education, 8(1), 46–52.

Rosalinda, E., & Azizah, U. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif Siswa pada Materi Asam Basa di Kelas XI. UNESA Journal of Chemical Education, 6(3), 440–445.

Setiawati, D., Kurniasih, D., & Fitriani. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Berbantuan Media Vidio Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Laju Reaksi Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Sungai Ambawang. Ar-Razi Jurnal Ilmiah, 4(2), 33–42.

Widyawati, A. T., & Nasrudin, H. (2019). Melatihkan Keterampilan Metakognitif Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI SMA Negeri 2 Kota Mojokerto. Unesa Journal of Chemical Education, 8(2), 50–56.

Wijoyo, H., Suherman, & Junita, A. (2020). Blended Learning Suatu Panduan. Sumatera Barat: Insan Cendekia Mandiri.

Published
2022-06-15