TES DIAGNOSTIK PREDIKSI-OBSERVASI-EKSPLANASI (POE) REAKSI KIMIA UNTUK MENGGALI MODEL MENTAL SISWA

  • Siti Katmiati Universitas Pendidikan Indonesia
  • Chusnur Rahmi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
Keywords: model mental, reaksi kimia, tes diagnostik POE

Abstract

Model mental menggambarkan kemampuan konseptual siswa dalam memahami dan mempertautkan konsep kimia pada level makroksopik, submikroskopik, dan simbolik. Guru perlu memeriksa model mental yang dikembangkan siswa untuk mengidentifikasi kesalahan konsep dalam pembelajaran. Model mental siswa dapat dieksplorasi secara luas menggunakan tes diagnostik. Untuk itu, penelitian ini mengembangkan sebuah instrumen tes diagnostik menggunakan motode prediksi-observasi-eksplanasi. Instrumen ini dapat digunakan guru untuk menggali model mental siswa pada konsep reaksi kimia. Penelitian ini menerapkan metode Reaserch and Development (R&D) meliputi kajian standar isi kurikulum 2013 dan representasi materi; penyusunan indikator, soal dan jawaban tes; validasi ahli; uji coba soal; dan uji coba identifikasi model mental siswa. Tes diagnostik POE-Reaksi Kimia terdiri atas 4 soal. Setiap soal terbagi menjadi 3 bagian yang menggali model mental siswa pada bagian prediksi, observasi, dan eksplanasi berbasis multipel representasi. Secara konten dan pedagogi, tes diagnostik POE-Reaksi Kimia dinyatakan valid oleh 6 dosen tim ahli. Berdasarkan hasil uji coba ditemukan bahwa Tes Diagnostik POE-Reaksi Kimia mempunyai aspek keterbacaan yang baik. Tes ini mampu menggali 10 tipe model mental siswa terhadap suatu reaksi kimia pada level makroskopik, submikroskopik dan simbolik.

References

Acar Sesen, B. (2013). Diagnosing Pre-Service Science Teachers’ Understanding Of Chemistry Concepts By Using Computer-Mediated Predict-Observe-Explain Tasks. Chemistry Education Research and Practice, 14(3).

Baah, R., & Ampiah, J. G. (2012). Senior High School Students’ Understanding and Difficulties with Chemical Equations. International Journal of Scientific Research in Education, 5(3).

Brandriet, A. R., & Bretz, S. L. (2014). The Development Of The Redox Concept Inventory As A Measure Of Students’ Symbolic And Particulate Redox Understandings and Confidence. Journal of Chemical Education, 91(8).

Brown, T. L. (2015). Chemistry The Central of Science. In Pearson Education.

Chandrasegaran, A. L., Treagust, D. F., & Mocerino, M. (2007). The Development Of A Two-Tier Multiple-Choice Diagnostic Instrument For Evaluating Secondary School Students’ Ability To Describe And Explain Chemical Reactions Using Multiple Levels Of Representation. Chemistry Education Research and Practice, 8(3).

Chang, R. (2004). Kimia Dasar: Konsep-Konsep Inti Edisi Ketiga Jilid 1. In Land Economics.

Harrison, A. G., Grayson, D. J., & Treagust, D. F. (1999). Investigating A Grade 11 Student’s Evolving Conceptions Of Heat And Temperature. Journal of Research in Science Teaching, 36(1).

Jansoon, N., Coll, R. K., & Somsook, E. (2009). Understanding Mental Models Of Dilution In Thai Students. International Journal of Environmental and Science Education, 4(2).

Kala, N., Yaman, F., & Ayas, A. (2013). The Effectiveness Of Predict-Observe-Explain Technique In Probing Students’ Understanding About Acid-Base Chemistry: A Case For The Concepts Of Ph, Poh, And Strength. International Journal of Science and Mathematics Education, 11(3).

McMurry, J. E., & Fay, R. C. (2012). Chemistry Sixth Edition. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Nahum, T. L., Hofstein, A., Mamlok-Naaman, R., & Bar-Dov, Z. (2004). Can Final Examinations Amplify Students’ Misconceptions In Chemistry? Chem. Educ. Res. Pract., 5(3).

Rahmi, C., Wiji, W., & Mulyani, S. (2020). Model Mental Miskonsepsi Pada Konsep Kesetimbangan Kelarutan. Lantanida Journal, 8(1). 8

Silberberg, M. S. (Martin S. (2007). Principles of general chemistry.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). In Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Talanquer, V. (2011). Macro, submicro, and symbolic: The many faces of the chemistry “triplet.†International Journal of Science Education, 33(2).

Wang, C.-Y. (2007). The Role Of Mental-Modeling Ability, Content Knowledge, And Mental Models In General Chemistry Students’ Understanding About Molecular Polarity. Disertasi, 70(3-A).

Whitten, K. W., Davis, R. E., Peck, M. L. (Merlin L., & Stanley, G. G. (George G. (2014). Chemistry.

Wiji. (2014). Pengembangan Desain Perkuliahan Kimia Sekolah Berbasis Model Mental Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Subyek Mahasiswa Calon Guru Kimia. Disertasi. http://repository.upi.edu

Wiji, W., Rahmi, C., Mulyani, S., & Widhiyanti, T. (2018). The Development Of Diagnostics Test For Eliciting Students’mental Model About Solubility Equilibria. Jurnal Pengajaran MIPA.

Yarroch, W. L. (1985). Student Understanding Of Chemical Equation Balancing. Journal of Research in Science Teaching, 22(5).

Zumdahl, S. S., & DeCoste, D. J. (2010). Introductory Chemistry : A Foundation. 74.

Published
2021-10-29