Persepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Tahun Keempat Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Masalah

Authors

  • Fitria Khoirunnisa Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Omelia Ormawi Guru Sekolah Menengah Kejuruan Suria Perdana Malaysia
  • Johari Surif Dosen Fakulti Pendidikan Universiti Teknologi Malaysia

DOI:

https://doi.org/10.31629/zarah.v3i1.26

Keywords:

persepsi, efektivitas, pembelajaran berbasis masalah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pelaksanaan, efektivitas dan tingkat kepuasan mahasiswa jenjang sarjana tentang model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dalam pembelajaran di Universiti Teknologi Malaysia (UTM), Skudai. Penelitian ini menggunakan kuisioner terhadap 26 orang mahasiswa tahun keempat mahasiswa Pendidikan Kimia. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan menggunakan aplikasi Statistical Package for Social Science (SPSS) Versi 17.0. Hasil penelitian menunjukkan adanya persepsi positif dengan kategori tinggi yang ditunjukkan oleh mahasiswa terhadap model PBM yang dilaksanakan dalam proses pembelajaran mereka.

Downloads

Published

2016-10-19