PENGEMBANGAN MODUL AJAR KIMIA UNSUR BERBASIS INKUIRI TERBIMBING FASE DEVELOPMENT UNTUK MAHASISWA PENDIDIKAN KIMIA

Authors

  • Nina Adriani
  • Friska Septiani Silitonga Universitas Maritim Raja Ali Haji

DOI:

https://doi.org/10.31629/zarah.v5i2.219

Abstract

Pembelajaran kimia merupakan salah satu pembelajaran yang memerlukan keterampilan dalam memecahkan masalah-masalah ilmu kimia berupa teori, konsep, hukum, dan fakta. Untuk menguasai suatu mata kuliah diperlukan berbagai sarana atau pun alat berupa bahan ajar guna mempermudah proses belajar mengajar, salah satu hal yang penting adalah modul ajar. Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengembangkan modul ajar kimia unsur berbasis inkuiri terbimbing pada mahasiswa pendidikan kimia , 2) menguji validitas dari modul kimia unsur yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang dilakukan dengan menerapkan model pengembangan ADDIE tetapi hanya pada tahap pendefinisian, perancangan dan pengembangan modul ajar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan  instrumen validasi. Pengembangan modul ajar kimia unsur berbasis inkuiri terbimbing dalam pembelajaran kimia  dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik untuk mencari dan menyelesaikan permasalahan secara sistematis, logis, dan analitis pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia.

Published

2017-12-25

Most read articles by the same author(s)