Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa Yang Dimodifikasi Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X Pada Pokok Bahasan Larutan Elektrolit Dan Konsep Redoks Di Sma Negeri 14 Samarinda
DOI:
https://doi.org/10.31629/zarah.v2i1.20Keywords:
Lembar kerja siswa yang dimodifikasi, hasil belajar siswaAbstract
Penelitian tentang pengaruh penggunaan lembar kerja siswa yang dimodifikasi terhadap hasil belajar siswa kelas X pada pokok bahasan larutan elektrolit dan konsep redoks di SMA Negeri 14 Samarinda.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan lembar kerja siswa yang dimodifikasi terhadap hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan larutan elektrolit dan konsep redoks di SMA Negeri 14 Samarinda.Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 14 Samarinda.Sampel penelitian adalah siswa kelas X-1 dan X-3.Kelas X-1 merupakan kelas yang menggunakan lembar kerja siswa biasa.Kelas X-3 yang merupakan kelas yang menggunakan lembar kerja siswa yang dimodifikasi.Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes tertulis yang berupa soal pilihan ganda. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji t untuk kedua sampel bebas, dimana diperoleh thitung = ?0,85 dan ttabel = ?2,00 karena – thitung > -ttabel, pada taraf signifikan 5 % maka H0 diterima dan Haditolak. Dengan demikian tidak terdapat pengaruh penggunaan lembar kerja siswa yang dimodifikasi terhadap hasil belajar siswa kelas X pada pokok bahasan larutan elektrolit dan konsep redoks di SMA Negeri 14 Samarinda.