Analisis Kebutuhan Petunjuk Praktikum Berbasis Keterampilan Proses Sains untuk Mencapai Kemampuan Merancang Eksperimen

  • Fitriah Khoirunnisa Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Veri Firmansyah Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Friska Septiani Silitonga Universitas Maritim Raja Ali Haji
Keywords: petunjuk praktikum, keterampilan proses sains, merancang eksperimen

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis kebutuhan petunjuk praktikum berbasis Keterampilan Proses Sains (KPS) untuk mencapai kemampuan merancang eksperimen pada materi kalor reaksi kalorimetri. Penelitian dilakukan terhadap peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Kota Tanjungpinang. Variabel penelitian mencakup analisis kebutuhan bahan ajar dan analisis kesesuaian Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD). Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Tahapan pertama dalam penelitian ini adalah menganalisis kebutuhan bahan ajar dengan cara membandingkan dua petunjuk praktikum yang selama ini telah digunakan di sekolah tersebut, ditinjau dari aspek struktur format penulisan, aspek kreativitas, dan aspek keterampilan proses sains yang terdapat dalam petunjuk praktikum. Sehingga didapatkan kesimpulan bahwa petunjuk praktikum yang selama ini digunakan tidak memberikan kesempatan kepada peserta didiknya untuk merancang eksperimen yang telah ditentukan. Tahapan kedua yaitu menganalisis kesesuaian kompetensi inti dan kompetensi dasar, yang bertujuan untuk menentukan indikator pencapaian kompetensi (IPK) yang akan menjadi acuan dalam mengembangkan petunjuk praktikum berbasis keterampilan proses sains. Dari kedua tahapan yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa peserta didik memerlukan petunjuk praktikum yang mampu mengonstruksi pikiran dan mengaktifkan kinerja mereka, sehingga pendekatan Keterampilan Proses Sains menjadi pilihan dalam mengembangkan petunjuk praktikum yang sesuai dengan karakteristik kurikulum 2013.

References

Fauzi. M., M. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Konsep Larutan Penyangga. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Hamalik, O. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran Edisi 1. Bumi Aksara, Jakarta.
Hartono, Z., dan Rachman, I. 2014. Pengembangan Buku Panduan Praktikum Kimia Hidrokarbon Berbasis Keterampilan Proses Sains di SMA. Jurnal Pendidikan Kimia, 1 (1), pp. 87-93.
Khoirunnisa, F. dan Sabekti, A.W. 2017. Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul Ajar Strategi Pembelajaran Kimia dengan Pendekatan Daur Belajar Enam Fase. Prosiding Seminar Nasional Kimia UNY. FMIPA UNY, Yogyakarta, 14 Oktober 2017: hlm. 63-66.
Marpaung, dan Meida, E. 2017. Pengembangan Penuntun Praktikum Stoikiometri Inovatif Sesuai Kurikulum 2013 Berbasis Keterampilan Proses Sains. Masters Tesis. Universitas Medan.
Puspita, A. 2017. Pengembangan Media Booklet Pada Materi Sistem Imun Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 8 Pontianak. Jurnal Bioeducation. 4 (1), pp. 64-73.
Zulaiha. 2014. Pengembangan Buku Panduan Praktikum Kimia Hidrokarbon Berbasis Keterampilan Proses Sains di SMA. Jurnal Pendidikan Kimia, 1 (1), pp. 87-93.
Published
2019-05-30
Section
Articles