Pelatihan Penggunaan Google sites Untuk Mahasiswa Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Matematika Berbasis Website
DOI:
https://doi.org/10.31629/khidmat.v2i2.7361Keywords:
Pelatihan, Google Sites, Media Pembelajaran, WebsiteAbstract
Media pembelajaran matematika berbasis website menggunakan Google Sites merupakan platform digital yang menggunakan internet dan situs web untuk menyajikan materi dan kegiatan pembelajaran matematika. Kemampuan guru matematika dalam mengoperasikan Google Sites masih tergolong rendah, maka dari itu diperlukan upaya preventif dan sistematis melalui pelatihan kepada mahasiswa calon guru matematika sejak dini. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan mahasiswa dalam mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis website dengan menggunakan Google Sites. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat ini menggunakan metode pengenalan, demonstrasi, praktik, dan presentasi. Tahapan pelaksanaan pengabdian masyarakat ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Hasil yang dicapai dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini, yaitu kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan penggunaan Google Sites sebagai alternatif media pembelajaran matematika berbasis website telah terlaksana dengan sangat baik dan mencapai target 100%, yang ditunjukkan melalui tingkat kehadiran penuh dari seluruh mahasiswa peserta pelatihan. Modul dan media yang digunakan dalam pelatihan dinyatakan valid berdasarkan hasil penilaian oleh para ahli. Dalam aspek pencapaian keterampilan mahasiswa, diketahui bahwa terdapat tiga kelompok mahasiswa yang termasuk dalam kategori terampil dalam mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis Google Sites, dan terdapat satu kelompok yang masih tergolong kurang terampil. Tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelatihan ini juga tergolong sangat tinggi, yaitu 97% peserta merasa terbantu dan puas dengan kegiatan pelatihan ini.
Downloads
References
Afrianto, A., Parjito, P., Kasih, E. N. E. W., Azahra, R. R., & Kaban, S. P. P. (2022). Alternatif Pengelolaan Pembelajaran Dalam Jaringan: Google Sites. Madaniya, 3(4), 776–783. https://doi.org/10.53696/27214834.280
Farida, A., & Indah, R. P. (2021). Pendampingan Optimalisasi Google Site Sebagai Media Pembelajaran dan Promosi pada Kumon Ngringo Palur. Batuah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 8–14. https://doi.org/10.33654/BATUAH.V1I2.1381
Ilyas, M. M., Jumrah, J., Munandar, A. A., Riswandi, I., Husniati, A., Kristiawati, K., & Andini, A. (2025). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites Kepada Guru SMAS Dharma Yadi Makassar. Sustainable: Journal of Community Service and Innovation, 2(1), 1–10. https://journal.saptacita.com/sustainable/article/view/8
Ismawati, I., Mutia, N., Fitriani, N., & Masturoh, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Menggunakan Google Sites Pada Materi Gelombang Bunyi. Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 2(2), 140–146. https://doi.org/10.30998/SCH.V2I2.4348
Khoeriah, N., Mahmudi, A., & Sudrajat, S. (2024). Pengembangan LKS berbasis PBL berbantuan geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kesadaran metakognitif siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 13(1), 65–75. https://doi.org/10.24127/AJPM.V13I1.8534
Maisaroh, K., Maruti, E. S., & Suprihatin, S. (2024). Peningkatan Hasil Belajar IPAS Melalui Website Google Sites pada Kelas IV Sekolah Dasar. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 3(4), 21–29. https://doi.org/10.58192/POPULER.V3I4.2633
Najah, N. Q., & Lestari, A. S. B. (2024). Studi Literature: Analisis Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasisi Web Google Site Pada Materi Himpunan. Jurnal Jendela Matematika, 2(01), 37–44. https://doi.org/10.57008/JJM.V2I01.644
Pubian, Y. M., & Herpratiwi, H. (2022). Using The Google Site Media In Learning To Increase The Effectiveness Of Learning Participants Education Elementary School. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(01), 163–172. https://doi.org/10.34005/AKADEMIKA.V11I01.1693
Rachmawati, E. P., Widodo, E., & Christioko, B. V. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Daring Menggunakan Google Sites Pada Guru Smit Bina Amal Semarang. Jurnal DIMASTIK, 1(2), 126–132. https://doi.org/10.26623/DIMASTIK.V1I2.7275
Rahman, A. A., Zulkifli, Z., & Kamaruddin, I. (2023). The Effect of Contextual Teaching Learning (CTL) Model on Students’ Achievement in Elementary School. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 146–157. https://doi.org/10.51276/edu.v4i1.282
Renaningtias, N., Susanti, A., Mirzana, B., Prasetyo, C., & Lestari, D. (2024). Optimalisasi Pembelajaran Literasi Numerasi Melalui Pelatihan Penggunaan Website Google Sites bagi Guru Komunitas Belajar. I-Com: Indonesian Community Journal, 4(3), 2344–2355. https://doi.org/10.33379/ICOM.V4I3.5359
Sabandar, V. P., & Ramadhani, W. P. (2023). Pemanfaatan Google Sites Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Web. German Für Gesellschaft (J-Gefüge), 2(1), 61–67. https://doi.org/10.30598/JGEFUEGE.2.1.61-67
Setiyarini, B. (2024). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Google Site Bagi Guru Madrasah Islamiah (MI) Ma’arif Tingkir Lor. Jurnal Abdi Insani, 11(2), 1302–1311. https://doi.org/10.29303/ABDIINSANI.V11I2.1331
Sudrajat, S. (2024). Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat: Pembinaan Asesmen Kompetensi Minimum Pada Siswa SD Negeri Ngrenak. Prodi Pendidikan Matematika FKIP Univ. Peradaban. https://opac.peradaban.ac.id/index.php?p=show_detail&id=9481&keywords=
Sudrajat, S. (2025a). Analisis Bibliometrik Review: Tren Penelitian Media Pembelajaran Berbasis Digital di Era Gen Z. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(4), 207–215. https://doi.org/10.5281/ZENODO.15435608
Sudrajat, S. (2025b). Pembinaan Menyelesaikan Soal-Soal AKM Numerasi Pada Siswa Sekolah Dasar. Insanta : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 116–121. https://doi.org/10.61924/INSANTA.V3I2.81
Sudrajat, S. (2025c). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Trigonometri. MEGA: Jurnal Pendidikan Matematika , 6(1), 844–853. https://doi.org/10.59098/MEGA.V6I1.1959
Sudrajat, S., Muahmud, A., & Setyorini, A. I. (2022). Pengembangan LKPD berorientasi HOTS untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah non-rutin siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3432–3443. https://doi.org/10.24127/AJPM.V11I4.6100
Suryana, Ek., Prahasti, P., & Iskandar, A. P. (2023). Pemanfaatan Google Site Sebagai Media Pembelajaran Siswa Pada SMKN 3 Kota Bengkulu. Jurnal Dehasen Untuk Negeri, 2(1), 85-88–85–88. https://doi.org/10.37676/JDUN.V2I1.3583
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Firda Hayatunnisa, Dewinta Alfiyyah Larasati, Sudrajat Sudrajat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Anda bebas untuk:
- Berbagi — menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial.
- Mengadaptasi — mencampur, mengubah, dan membuat materi untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan penghargaan yang sesuai, menyediakan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Jika Anda mencampur, mengubah, atau membuat materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.