Peran Edukasi Sosial dalam Pencegahan Perundungan pada Anak Sekolah Dasar

Authors

  • Jamallaili Safitri Universitas Islam Negeri Walisongo

DOI:

https://doi.org/10.31629/khidmat.v2i2.7330

Keywords:

Perundungan, Sekolah Dasar, Sosialisasi, Edukasi

Abstract

Perundungan di lingkungan sekolah dasar merupakan isu serius yang dapat menghambat perkembangan sosial dan psikologis anak. Berdasarkan data PISA 2018, Indonesia menempati peringkat kelima tertinggi dalam kasus perundungan di sekolah, menunjukkan urgensi penanganan yang sistematis. SD Negeri 1 dan SD Negeri 2 Asinan di Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, menjadi lokasi pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat oleh mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman siswa terhadap bahaya perundungan. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh belum adanya program khusus anti-perundungan di kedua sekolah tersebut. Metode yang digunakan adalah sosialisasi interaktif melalui pendekatan edukatif dan partisipatif, termasuk penyampaian materi dengan drama, lagu, permainan, serta evaluasi reflektif menggunakan media pohon harapan. Partisipasi aktif siswa dan guru menunjukkan keterlibatan komunitas sekolah secara langsung. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa dari 30% menjadi 70% setelah sosialisasi dilakukan. Selain itu, kegiatan ini juga membangun empati siswa dan mendorong terciptanya budaya sekolah yang lebih ramah dan inklusif. Pendekatan yang digunakan terbukti efektif dalam menyampaikan pesan-pesan moral dan sosial kepada siswa sekolah dasar, sesuai dengan teori pembelajaran sosial Bandura. Kesimpulannya, kegiatan ini berhasil membentuk pemahaman kritis siswa terhadap perundungan dan menunjukkan potensi besar dalam mencegah kekerasan sosial di lingkungan pendidikan dasar. Kolaborasi berkelanjutan antara sekolah, mahasiswa, dan masyarakat diperlukan untuk memperkuat dampak jangka panjang dari program ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amila, A., Meliala, S., & Harianja, E. S. (2023). Upaya Peningkatan Kesehatan Anak Melalui Edukasi Pencegahan Bullyng Pada Anak Sekolah Dasar. Kreasi: Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 486–498. https://doi.org/10.58218/KREASI.V3I3.720

Angelina, C., Januartha, H., Oktavia, M., & Veronica, E. (2024). Edukasi Pencegahan Perundungan Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Rajabasa Bandar Lampung. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 7(6), 2486–2497. https://doi.org/10.33024/JKPM.V7I6.14638

Anggreni, M. A., & Fachrurrazi, A. (2025). Revitalisasi Kearifan Lokal Untuk Membangun Identitas Budaya Pada Anak Usia Dini. Zaheen : Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya, 1(1), 172–187. http://jurnalinspirasimodern.com/index.php/Zaheen/article/view/91

Anhusadar, L., & Islamiyah, I. (2020). Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Anak Usia Dini di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 463. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V5I1.555

Asbarini, N. F. E., Kamariani, B. D., & Ulyani, M. (2024). Transformasi Pola Asuh Dalam Mencegah Perkawinan Anak Di Era Digital. Jurnal Pengabdian Negeri, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.69812/JPN.V1I1.74

Azmi, M. Y. N. (2023). Sosialisasi Bullying (Perundungan) Sebagai Upaya Pencegahan Terjadinya Kekerasan di SD Negeri 1 Argosuko. TAFANI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 25–38. https://doi.org/10.21093/TAFANI.V2I1.6010

Damayanti, P. D. S., Handayani, F., Ramahwati, Y., Suhernah, S., Cahyani, A. D., & Tilova, M. H. (2023). Peranan Psikologi Pendidikan untuk Pencegahan Perundungan Siswa Sekolah Dasar. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.31943/COUNSELIA.V4I1.60

Fitroh, I., Rosidi, Moh. I., Tasnur, I., Hotimah, I. H., & Arrazaq, N. R. (2023). Sosialisasi Upaya Pencegahan Bullying di SMA Negeri 7 Prasetya Gorontalo. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 122–126. https://doi.org/10.31004/JH.V3I2.166

Foley, G., Timonen, V., Conlon, C., & O’Dare, C. E. (2021). Interviewing as a Vehicle for Theoretical Sampling in Grounded Theory. International Journal of Qualitative Methods, 20. https://doi.org/10.1177/1609406920980957

Heryani, N., Asmuni, A., & Nasution, A. (2020). Pengembangan Aplikasi Strategi Pencegahan Perilaku Perundungan (Bullying) pada Sekolah Dasar di Kota Jambi. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 9(2), 190–194. https://doi.org/10.36565/JAB.V9I2.213

Hidayat, M., Aulia, A., Syah, F., & Rizaldi, A. R. (2022). Edukasi Pencegahan Perundungan pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 45 Biringbalang Kabupaten Takalar. Journal of Health Quality Development , 2(2), 56–64. https://doi.org/10.51577/GLOBALABDIMAS.V2I2.293

Lofland, J., Snow, D., Anderson, L., & Lofland, L. H. (2022). Analyzing Social Settings: A Guide to Qualitative Observation and Analysis. Waveland Press.

Maritim, E. (2023). Pencegahan Dan Upaya Mengatasi Tindak Perundungan Di Sekolah Dasar. Khazanah Pendidikan, 17(1), 205–211. https://doi.org/10.30595/JKP.V17I1.16094

Masrina, D., Kurniawati, L., & Sirait, R. A. (2023). Sosialisasi Pencegahan Perundungan Siber pada Siswa-Siswi SMAN 1 Parigi Pangandaran Kelas XIPA1 dan XIPA2. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(2), 372–378. https://doi.org/10.35870/JPNI.V4I2.176

Mufrihah, A. (2016). Perundungan Reaktif di Sekolah Dasar dan Intervensi Berbasis Nuansa Sekolah. Jurnal Psikologi, 43(2), 135–153. https://doi.org/10.22146/JPSI.15441

Noya, A., & Kiriwenno, E. (2024). Sosialisasi Pencegahan Perundungan Dalam Upaya Mewujudkan Sekolah Ramah Anak. Jurnal Abdi Insani, 11(1), 294–305. https://doi.org/10.29303/ABDIINSANI.V11I1.1337

Nursasari, N. (2017). Penerapan Antisipasi Perundungan (Bullying) pada Sekolah Dasar di Kota Tenggarong. SYAMIL: Journal of Islamic Education, 5(2), 2477–2504. https://doi.org/10.21093/SY.V5I2.926

Poppyariyana, A. A., Wahyuni, A. D., Shuhupy, D. N., Putri, R., & Salaswati, K. A. (2022). Sosialisasi terkait pencegahan tindakan perundungan di Sekolah Dasar Negeri 1 Cijurey Kabupaten Sukabumi. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(5), 4841–4850. https://doi.org/10.53625/JABDI.V2I5.3556

Priyatni, E. T. (2013). Penerapan CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar : Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 17(1). https://journal.um.ac.id/index.php/jurnal-sekolah-dasar/article/view/3668

Suminar, T., Raharjo, T. J., Muarifuddin, M., Pangestika, N. A. D., & Pamungkas, D. S. (2022). Pelatihan Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Life Skills Untuk Mewujudkan Sekolah Ramah Anak. Journal of Community Empowerment, 2(1), 20–26. https://doi.org/10.33650/AL-TANZIM.V4I1.975

Suparna, D., Rosidi, I., Sunarni, A., Husnai, Y. N., Megarini, M., Atul, A., & Suadma, U. (2023). Sosialisasi Pencegahan Bullying Di Lingkungan Sekolah. Batara Wisnu : Indonesian Journal of Community Services, 3(2), 302–311. https://doi.org/10.53363/BW.V3I2.183

Utomo, S. B., Istiqo, I. T., Yuhana, M., Saputra, B., Muanas, G. H., & Lailatus, S. (2024). Edukasi Ecoprint Siswa Sekolah Dasar memanfaatkan Bahan Alami dalam upaya meningkatkan Keterampilan Sejak Dini. Khidmat: Journal of Community Service, 1(3), 115–126. https://doi.org/10.31629/KHIDMAT.V1I3.7032

Yolanda, S., & Yuniarti, Y. (2024). Mencegah Perundungan Di Sekolah Dasar Dengan Meningkatkan Kompetensi Komunikasi Dan Kolaborasi Siswa. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(1), 822–830. https://doi.org/10.36989/DIDAKTIK.V10I1.2674

Downloads

Published

2025-08-02

How to Cite

Safitri, J. (2025). Peran Edukasi Sosial dalam Pencegahan Perundungan pada Anak Sekolah Dasar. Khidmat: Journal of Community Service, 2(2), 94-103. https://doi.org/10.31629/khidmat.v2i2.7330