Peran Edukasi Sosial dalam Pencegahan Perundungan pada Anak Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31629/khidmat.v2i2.7330Keywords:
Perundungan, Sekolah Dasar, Sosialisasi, EdukasiAbstract
Perundungan di lingkungan sekolah dasar merupakan isu serius yang dapat menghambat perkembangan sosial dan psikologis anak. Berdasarkan data PISA 2018, Indonesia menempati peringkat kelima tertinggi dalam kasus perundungan di sekolah, menunjukkan urgensi penanganan yang sistematis. SD Negeri 1 dan SD Negeri 2 Asinan di Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, menjadi lokasi pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat oleh mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman siswa terhadap bahaya perundungan. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh belum adanya program khusus anti-perundungan di kedua sekolah tersebut. Metode yang digunakan adalah sosialisasi interaktif melalui pendekatan edukatif dan partisipatif, termasuk penyampaian materi dengan drama, lagu, permainan, serta evaluasi reflektif menggunakan media pohon harapan. Partisipasi aktif siswa dan guru menunjukkan keterlibatan komunitas sekolah secara langsung. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa dari 30% menjadi 70% setelah sosialisasi dilakukan. Selain itu, kegiatan ini juga membangun empati siswa dan mendorong terciptanya budaya sekolah yang lebih ramah dan inklusif. Pendekatan yang digunakan terbukti efektif dalam menyampaikan pesan-pesan moral dan sosial kepada siswa sekolah dasar, sesuai dengan teori pembelajaran sosial Bandura. Kesimpulannya, kegiatan ini berhasil membentuk pemahaman kritis siswa terhadap perundungan dan menunjukkan potensi besar dalam mencegah kekerasan sosial di lingkungan pendidikan dasar. Kolaborasi berkelanjutan antara sekolah, mahasiswa, dan masyarakat diperlukan untuk memperkuat dampak jangka panjang dari program ini.
Downloads
References
Amila, A., Meliala, S., & Harianja, E. S. (2023). Upaya Peningkatan Kesehatan Anak Melalui Edukasi Pencegahan Bullyng Pada Anak Sekolah Dasar. Kreasi: Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 486–498. https://doi.org/10.58218/KREASI.V3I3.720
Angelina, C., Januartha, H., Oktavia, M., & Veronica, E. (2024). Edukasi Pencegahan Perundungan Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Rajabasa Bandar Lampung. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 7(6), 2486–2497. https://doi.org/10.33024/JKPM.V7I6.14638
Anggreni, M. A., & Fachrurrazi, A. (2025). Revitalisasi Kearifan Lokal Untuk Membangun Identitas Budaya Pada Anak Usia Dini. Zaheen : Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya, 1(1), 172–187. http://jurnalinspirasimodern.com/index.php/Zaheen/article/view/91
Anhusadar, L., & Islamiyah, I. (2020). Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Anak Usia Dini di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 463. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V5I1.555
Asbarini, N. F. E., Kamariani, B. D., & Ulyani, M. (2024). Transformasi Pola Asuh Dalam Mencegah Perkawinan Anak Di Era Digital. Jurnal Pengabdian Negeri, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.69812/JPN.V1I1.74
Azmi, M. Y. N. (2023). Sosialisasi Bullying (Perundungan) Sebagai Upaya Pencegahan Terjadinya Kekerasan di SD Negeri 1 Argosuko. TAFANI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 25–38. https://doi.org/10.21093/TAFANI.V2I1.6010
Damayanti, P. D. S., Handayani, F., Ramahwati, Y., Suhernah, S., Cahyani, A. D., & Tilova, M. H. (2023). Peranan Psikologi Pendidikan untuk Pencegahan Perundungan Siswa Sekolah Dasar. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.31943/COUNSELIA.V4I1.60
Fitroh, I., Rosidi, Moh. I., Tasnur, I., Hotimah, I. H., & Arrazaq, N. R. (2023). Sosialisasi Upaya Pencegahan Bullying di SMA Negeri 7 Prasetya Gorontalo. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 122–126. https://doi.org/10.31004/JH.V3I2.166
Foley, G., Timonen, V., Conlon, C., & O’Dare, C. E. (2021). Interviewing as a Vehicle for Theoretical Sampling in Grounded Theory. International Journal of Qualitative Methods, 20. https://doi.org/10.1177/1609406920980957
Heryani, N., Asmuni, A., & Nasution, A. (2020). Pengembangan Aplikasi Strategi Pencegahan Perilaku Perundungan (Bullying) pada Sekolah Dasar di Kota Jambi. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 9(2), 190–194. https://doi.org/10.36565/JAB.V9I2.213
Hidayat, M., Aulia, A., Syah, F., & Rizaldi, A. R. (2022). Edukasi Pencegahan Perundungan pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 45 Biringbalang Kabupaten Takalar. Journal of Health Quality Development , 2(2), 56–64. https://doi.org/10.51577/GLOBALABDIMAS.V2I2.293
Lofland, J., Snow, D., Anderson, L., & Lofland, L. H. (2022). Analyzing Social Settings: A Guide to Qualitative Observation and Analysis. Waveland Press.
Maritim, E. (2023). Pencegahan Dan Upaya Mengatasi Tindak Perundungan Di Sekolah Dasar. Khazanah Pendidikan, 17(1), 205–211. https://doi.org/10.30595/JKP.V17I1.16094
Masrina, D., Kurniawati, L., & Sirait, R. A. (2023). Sosialisasi Pencegahan Perundungan Siber pada Siswa-Siswi SMAN 1 Parigi Pangandaran Kelas XIPA1 dan XIPA2. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(2), 372–378. https://doi.org/10.35870/JPNI.V4I2.176
Mufrihah, A. (2016). Perundungan Reaktif di Sekolah Dasar dan Intervensi Berbasis Nuansa Sekolah. Jurnal Psikologi, 43(2), 135–153. https://doi.org/10.22146/JPSI.15441
Noya, A., & Kiriwenno, E. (2024). Sosialisasi Pencegahan Perundungan Dalam Upaya Mewujudkan Sekolah Ramah Anak. Jurnal Abdi Insani, 11(1), 294–305. https://doi.org/10.29303/ABDIINSANI.V11I1.1337
Nursasari, N. (2017). Penerapan Antisipasi Perundungan (Bullying) pada Sekolah Dasar di Kota Tenggarong. SYAMIL: Journal of Islamic Education, 5(2), 2477–2504. https://doi.org/10.21093/SY.V5I2.926
Poppyariyana, A. A., Wahyuni, A. D., Shuhupy, D. N., Putri, R., & Salaswati, K. A. (2022). Sosialisasi terkait pencegahan tindakan perundungan di Sekolah Dasar Negeri 1 Cijurey Kabupaten Sukabumi. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(5), 4841–4850. https://doi.org/10.53625/JABDI.V2I5.3556
Priyatni, E. T. (2013). Penerapan CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar : Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 17(1). https://journal.um.ac.id/index.php/jurnal-sekolah-dasar/article/view/3668
Suminar, T., Raharjo, T. J., Muarifuddin, M., Pangestika, N. A. D., & Pamungkas, D. S. (2022). Pelatihan Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Life Skills Untuk Mewujudkan Sekolah Ramah Anak. Journal of Community Empowerment, 2(1), 20–26. https://doi.org/10.33650/AL-TANZIM.V4I1.975
Suparna, D., Rosidi, I., Sunarni, A., Husnai, Y. N., Megarini, M., Atul, A., & Suadma, U. (2023). Sosialisasi Pencegahan Bullying Di Lingkungan Sekolah. Batara Wisnu : Indonesian Journal of Community Services, 3(2), 302–311. https://doi.org/10.53363/BW.V3I2.183
Utomo, S. B., Istiqo, I. T., Yuhana, M., Saputra, B., Muanas, G. H., & Lailatus, S. (2024). Edukasi Ecoprint Siswa Sekolah Dasar memanfaatkan Bahan Alami dalam upaya meningkatkan Keterampilan Sejak Dini. Khidmat: Journal of Community Service, 1(3), 115–126. https://doi.org/10.31629/KHIDMAT.V1I3.7032
Yolanda, S., & Yuniarti, Y. (2024). Mencegah Perundungan Di Sekolah Dasar Dengan Meningkatkan Kompetensi Komunikasi Dan Kolaborasi Siswa. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(1), 822–830. https://doi.org/10.36989/DIDAKTIK.V10I1.2674
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jamallaili Safitri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Anda bebas untuk:
- Berbagi — menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial.
- Mengadaptasi — mencampur, mengubah, dan membuat materi untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan penghargaan yang sesuai, menyediakan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Jika Anda mencampur, mengubah, atau membuat materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.