Implementasi Pendidikan Pancasila dalam Kegiatan Kunjungan Museum sebagai Upaya Penguatan Karakter di Kota Tanjungpinang
DOI:
https://doi.org/10.31629/khidmat.v1i3.7314Kata Kunci:
Internalisasi Nilai Pancasila, Kunjungan Museum, EtnopedagogiAbstrak
Kegiatan pengabdian yang bertujuan untuk menginternalisasi nilai-nilai Pancasila melalui kunjungan museum, yang menggunakan pendekatan etnopedagogi—pendidikan berbasis budaya dan kearifan lokal. Pengabdian ini berfokus pada peningkatan peran mahasiswa dalam mengenal dan menanamkan nilai-nilai Pancasila serta kebudayaan yang diwariskan oleh leluhur, melalui pengalaman langsung di museum. Museum dipilih sebagai sarana efektif bagi generasi muda untuk mendalami nilai-nilai luhur bangsa, baik dari segi Pancasila maupun kebudayaan lokal. Metode pengumpulan data dalam pengabdian ini mencakup observasi langsung, wawancara dengan mahasiswa serta pengelola museum, dan studi dokumentasi. Dalam kunjungan ini, mahasiswa diajak untuk tidak hanya melihat artefak dan sejarah, tetapi juga memahami konteks dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dan budaya melalui kunjungan museum dapat dilakukan melalui pembelajaran mandiri dan diskusi kelompok. Kunjungan ini menjadi ajang refleksi bagi mahasiswa/i untuk memahami relevansi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari serta mencintai warisan budaya bangsa. Pengalaman belajar langsung ini diharapkan mampu membentuk karakter generasi muda yang berbudi luhur, cinta tanah air, dan memiliki apresiasi yang lebih tinggi terhadap nilai-nilai kebangsaan. Kesimpulannya, kunjungan museum sebagai metode pengabdian masyarakat terbukti efektif dalam menumbuhkan karakter anak bangsa yang mencintai budaya dan tanah air.
Referensi
Adila, A. N., & Munanjar, A. (2023). Aktivitas Public Relations Untuk Meningkatkan Daya Tarik Wisata Dan Pendidikan Di Museum Kehutanan Ir. Djamaludin Suryohadikusumo. J-IKA: Jurnal Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas BSI Bandung, 10(2), 90-98..
Aisyah, S. (2021). Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Meningkatkan Literasi Budaya Menyongsong Era Revolusi 4.0 di SMKN 3 Banjarbaru. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(01), 49-56.
Al Inu, A. N. A. N., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai Nilai Pancasila Melalui Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dan Di Masyarakat. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 259-267.
Damanhuri, D., Bahrudin, F. A., Legiani, W. H., & Rahman, I. N. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa. Untirta Civic Education Journal, 1(2).
Fadli, M. R., & Afwan, B. (2024). Menjejak Kearifan Lokal: Pendampingan Memahami Budaya Daerah Sebagai Kunci Peningkatan Kebanggaan Identitas. Jurnal Pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS, 2(1), 56-62
Febrianti, A. N., & Suryati, W. (2022). Pemanfaatan Museum Lampung sebagai Sumber Belajar dan Tempat Destinasi Wisata di Lampung. Istoria: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sejarah Universitas Batanghari, 5(2), 107-115.
Firdasari, A., Savitri, A. A., Ningsih, A. H., & Fitriono, R. A. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sosial Budaya. JURNAL EKONOMI, SOSIAL & HUMANIORA, 4(03), 1-8.
Fitriansyah, F., & Kasmin, K. (2022). Pemanfaatan Museum Sebagai Wisata Edukasi dan Media Pembelajaran Sejarah. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 22(2), 89-94.
Hasan, S. H. (2017). Museum Bagi Pendidikan Sejarah Nasional. Departemen Pendidikan Sejarah diakses pada http://sejarah. upi. edu/artikel/dosen/museum-bagi-pendidikan-sejarah-nasional.
Humaniora (2016, Februari 16) Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila Melalui Kegiatan Visitasi Ke Museum Satria Mandala Dan Rusunawa Muara Baru https://kompasiana.com/#google_vignette
Husna, A., Aulia, E., Fahrimal, Y., Husna, C. A., & Juliani, R. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dan Kearifan Lokal dalam Peningkatan Etika dan Budaya dalam Berpolitik. Lok Seva: Journal of Contemporary Community Service, 1(1), 35-43.
Kusuma, B. P. N. (2022). Strategi pengembangan museum subak sebagai wisata edukasi di kabupaten tabanan: Subak museum development strategy as educational tourism in tabanan regency. Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis, 1(11), 3130-3135.
Linda Cibya Rahmawati, Dinie Anggraeni Dewi, & Rizky Saeful Hayat. (2023). Peran Guru Dalam Meningkatkan Literasi Budaya Dan Kewargaan Siswa Sekolah Dasar. Semantik : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(1), 91–99. https://doi.org/10.61132/semantik.v2i1.193
Prabowo, M. R., & Supardi, S. (2022). Pemanfaatan museum dan situs cagar budaya di pontianak sebagai sumber belajar sejarah indonesia. Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah, 11(1), 1-14.
Raksapati, A. (2020). Museum Sebagai Daya Tarik Wisata di Indonesia. Pusat Perencanaan dan Pengembangan Kepariwisataan ITB, 18(2), 1-4., A. (2020). Museum Sebagai Daya Tarik Wisata Di Indonesia. Warta Pariwisata.
Regita, E., Ismail, L., & Astuti, P. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Pancasila Untuk Membangun Karakter Anak Tenaga Kerja Indonesia. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 7(1), 106-117.
Rizal, M., & Tisnawati, E. (2020). Implementasi Sejarah Perjuangan dalam Perencanaan Museum (Doctoral dissertation, University of Technology Yogyakarta).
Saputra, M. R. A., Agung, D. A. G., & Efendi, A. N. (2022). Nilai Budaya dan Historis Bangunan Museum Keraton Sumenep sebagai Muatan Karakter Profil Pelajar Pancasila. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 14-34.
Sati, A. L., Marhamah, M., Nurhot, N., & Dewi, U. (2021). Representasi Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Berbudaya. Jurnal Syntax Fusion, 1(2), 1-11.
Tang, J., Manda, I., Tang, S., & Subehan, S. (2023). Implementasi Nilai Dalam Penguatan Karakter Melalui Budaya Sekolah Berbasis Kearifan Lokal. Visi Sosial Humaniora, 4(1), 18-28.
Wulandaria, Dwi Anggia. (2020) “Implementasi nilai-nilai Pancasila melalui budaya sekolah di era digital.” Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan n. pag.
Wuryani, E., & Mediatati, N. (2019). Partisipasi Masyarakat dalam Melakukan Konservasi Peninggalan Sejarah di Kawasan Wisata Candi Ceto dalam Perspektif Pendidikan Karakter. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 13(2), 64-75.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Tia Aulia, Suci Fitriyanti, Mohammad Syuzairi, Mahadiansar Mahadiansar
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.