Edukasi Strategi Marketing Wirausaha Produk Roti Lapas Batam (ROPASTAM) Warga Binaan Lapas Kelas II Batam

Penulis

  • Eva Amalia Politeknik Pariwisata Batam
  • Rosnendya Wisnu Wardana Politeknik Pariwisata Batam
  • Rosie Oktavia Puspita Rini Politeknik Pariwisata Batam

DOI:

https://doi.org/10.31629/khidmat.v1i3.7279

Kata Kunci:

Edukasi, Strategi Marketing, Produk Roti, Lapas

Abstrak

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan edukasi tentang strategi pemasaran wirausaha kepada warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Batam. Warga binaan yang menjadi fokus kegiatan ini adalah mereka yang terlibat dalam usaha pembuatan roti, dikenal sebagai "Roti Lapas Batam" (Ropastam). Program ini memberikan pelatihan dan bimbingan tentang strategi pemasaran konvensional dan digital, dengan tujuan meningkatkan kemampuan warga binaan dalam memasarkan produk mereka. Produksi roti ini tidak hanya berfungsi sebagai sarana untuk mengurangi stres selama masa tahanan, tetapi juga menjadi bekal keterampilan yang dapat digunakan oleh warga binaan setelah menyelesaikan masa pidana.  Tema strategi marketing wirausaha  dipilih sebagai fokus utama karena potensi untuk memperluas pasar secara signifikan dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional. Selain memberikan pengetahuan tentang kewirausahaan, kegiatan ini juga bertujuan untuk membangkitkan minat dan kreativitas warga binaan dalam mengembangkan ide bisnis lainnya di masa depan. Kegiatan ini merupakan bagian dari program pembinaan kemandirian yang diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam mempersiapkan warga binaan untuk menghadapi tantangan di dunia bisnis yang terus berkembang, terutama di era digital. Pada akhirnya, diharapkan warga binaan dapat mandiri secara ekonomi dan aktif berperan dalam pembangunan masyarakat setelah kembali ke lingkungan sosial.

Biografi Penulis

Eva Amalia, Politeknik Pariwisata Batam

Program Studi Manajemen Kuliner

Rosnendya Wisnu Wardana, Politeknik Pariwisata Batam

Program Studi Manajemen Kuliner

Rosie Oktavia Puspita Rini, Politeknik Pariwisata Batam

Program Studi Manajemen Kuliner

Referensi

Aldana, S., Haq, A., & Muljanto, A. M. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Adaptasi Digital Marketing Pada UMKM Kalirungkut. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4(3), 1958–1963.

Anggraini, D., Nugroho, I. P., Rachmawati, R., & Mariana, M. (2023). Coaching Clinic Kewirausahaan Mahasiswa Untuk Membangun Optimisme Dan Adaptabilitas Di Era Disrupsi. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(3), 1816. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i3.16912

Asina, I., Soputan, G., & Sumual, M. (2021). Pengaruh Kompetensi Kewirausahaan Dan Motivasi Intrinsik Terhadap Pengembangan Usaha Kuliner Di Tondano. Manajemen dan Kewirausahaan, 2(2), 136-149.

Aulia, R., Astuti, M., & Ridwan, H. (2019). Meningkatkan Kinerja Pemasaran melalui Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 20(1), 27–38. https://doi.org/10.30596/jimb.v20i1.2397

Boer, K. M., Wibowo, S. E., & Arsyad, A. W. (2019). Edukasi Pemasaran Dan Branding Dalam Meningkatkan Skill Kewirausahaan. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 1(1), 38. https://doi.org/10.30872/plakat.v1i1.2693

Chudzaifah, I., Hikmah, A. N., & Pramudiani, A. (2021). Tridharma Perguruan Tinggi: Sinergitas Akademisi dan Masyarakat dalam Membangun Peradaban. Al-Khidmah: Jurnal Pengabdian dan Pendampingan Masyarakat, 1(1), 79-93.

Firmansyah, M. A., & Roosmawarni, A. (2020). Dasar dan Konsep Kewirausahaan. In Peneribit Universitas Muhammadiyah Surabaya (Vol. 5, Issue 3).

Maak, C. S., Riwu, Y. F., Fanggidae, R. E., & Lada, J. H. (2023). Pendampingan UMKM dan Digital Marketing Kepada Warga Binaan Lapas Perempuan Kelas II B Kupang. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7, 2738–2745.

Mujiono;, Gaol, L. L., & Widiyanto. (2024). Pelatihan Digital Marketing pada Program Pengembangan Kewirausahaan Mahasiswa Universitas Terbuka. Bakti Cendana;Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 30–42.

Nirmala, B. P. W., & Paramitha, A. A. I. I. (2020). Digitalisasi desa dan potensi wisata di desa kerta, kabupaten gianyar menuju pariwisata 4.0. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(3), 350-355.

Nizar, M., Iltiham, Fahmul, M., & Rakhmawati, A. (2023). Meningkatkan Kemampuan Digital Masyarakat Lokal Melalui Pendampingan dan Pengembangan Transformasi Bisnis Digital. Abdimas Unwahas, 8(2), 41–48.

Prihatiningtyas, S., Umardiyah, F., Wulandari, A., Wardani, D. K., Ningsih, W. S., Mufajar, I. A., & Wildan, M. A. (2024). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Di Desa Pesantren. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 42-50.

Suryad;, Akbar, O. R., & Taher, A. M. (2024). Pembinaan , Pemberdayaan dan Pembimbingan Narapidana di Lapas dan BAPAS Majalengka Secara Holistik dan Integratif (Mental Spiritual, Sosial dan Ketrampilan Usaha). Community Development Journal, 5(1), 1634–1639.

Wahyuni, S., Noviyah, N. M. R., Esti, H., Markonah;, & Kurniawati, D. (2023). Motivasi Dalam Membuka Usaha Baru di LAPAS Salemba Kelas IIA. Jurnal Abdimas Perbanas, 4(1), 33–37.

Wibowo, A. (2020). Pengantar Kewirausahaan (I). Yayasan Prima Agus Teknik.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-11-08

Cara Mengutip

Amalia, E., Wardana, R. W., & Rini, R. O. P. (2024). Edukasi Strategi Marketing Wirausaha Produk Roti Lapas Batam (ROPASTAM) Warga Binaan Lapas Kelas II Batam. Khidmat: Journal of Community Service, 1(3), 142–152. https://doi.org/10.31629/khidmat.v1i3.7279

Terbitan

Bagian

Article