Edukasi Ecoprint Siswa Sekolah Dasar memanfaatkan Bahan Alami dalam upaya meningkatkan Keterampilan Sejak Dini
DOI:
https://doi.org/10.31629/khidmat.v1i3.7244Kata Kunci:
Ecoprint, Tumbuhan, Edukasi, KeterampilanAbstrak
Desa Jati, Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah merupakan sebuah desa yang terletak dipinggiran kabupaten yakni terletak di Sragen bagian barat yang berbatasan dengan Kabupaten Karanganyar. Meskipun terletak dipinggir kabupaten, namun akses dalam menuju ke kota sudah cukup mudah sehingga teknologi mampu masuk dengan mudah ke desa ini. Desa Jati sudah mulai terdampak dari adanya globalisasi ini, yakni anak-anak muda sekarang mulai kehilangan rasa kepedulian mereka terhadap nilai kebudayaan mereka salah satunya yaitu batik. Dalam mengolah atau mengelola tumbuhan di Indonesia masih belum mampu digunakan secara optimal. Masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan tumbuhan mungkin hanya sebatas penggunaan seperti daun tumbuhan digunakan sebagai pembungkus makanan dan bunga digunakan untuk nyekar dan upacara adat saja dan hal itu belum mampu membuat nilai jual dari bagian tumbuhan tersebut menjadi optimal. Namun kini seiring perkembangan zaman bagian tumbuhan mampu digunakan untuk berbagai hal salah satunya yaitu digunakan sebagai pewarna alami dalam proses pembuatan batik dengan teknik ecoprint. Hasil Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yakni kegiatan Kuliah Kerja Nyata atau biasa disingkat KKN khususnya pada kelompok 192 memiliki tujuan yaitu untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kepada masyarakat tentang pemanfaatan bagian dari tumbuhan dan kain menjadi batik menggunakan teknik ecoprint agar mampu menambah nilai jual dari tumbuhan dan kain khususnya masyarakat sejak usia dini. Pada kegiatan edukasi ini sasaran yang dituju yaitu anak-anak Sekolah dasar pada SD Negeri Jati 1 dan SD Negeri Jati 2 di Desa Jati, Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan edukasi ecoprint di kedua Sekolah Dasar ini dilakukan secara langsung kepada siswa dengan metode demonstrasi secara langsung pembuatan batik ecoprint dengan menggunakan media totebag sebagai canvasnya oleh kelompok mahasiswa KKN. Dampak dari kegiatan edukasi ini adalah siswa memiliki pengetahuan serta keterampilan akan proses pembuatan batik dengan menggunakan teknik ecoprint.
Referensi
Alam, H. W. N. (2017). Peningkatan kemampuan memproduksi teks prosedur kompleks dengan menggunakan metode demonstrasi. Diksatrasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 32-38. https://doi.org/10.25157/diksatrasia.v1i1.176
Andayani, S., Dami, S., & ES, Y. R. (2022). Pelatihan Pembuatan Ecoprint Menggunakan Teknik Steam Di Hadimulyo Timur. SINAR SANG SURYA: Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 31. https://doi.org/10.24127/sss.v6i1.1871
Aprianingrum, A. Y., & Nufus, A. H. (2021, November). Batik Indonesia, Pelestarian Melalui Museum. In Prosiding Seminar Nasional Industri Kerajinan Dan Batik (Vol. 3, No. 1, pp. 10-1).
Faridatun, F. (2022). Ecoprint; cetak motif alam ramah lingkungan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 5(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v5i1.9002
Fatmala, Y., & Hartati, S. (2020). Pengaruh Membatik Ecoprint terhadap Perkembangan Kreativitas Seni Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusari, 4(2), 1143–1155.
Handayani, D. (2019). Keefektifan fungsi koordinasi sekolah di sekolah menengah kejuruan negeri 5 soppeng. Unm. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13152
Hikmah, A. R., & Retnasari, D. (2021). Ecoprint sebagai alternatif peluang usaha fashion yang ramah lingkungan. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana, 16(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/ptbb/issue/view/2172
Istifadhoh, N., Wardah, I., & Stikoma, T. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing Pada Pelaku Usaha Batik Ekoprint. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 147–152.
Jannah, S., Indrawati, I., Rahayu, H. D., Marwan, S., Najmuddin, M. K., Mufaiz, M. T., Dewantoro, A., Mega, K. I., Almukri, M. S., Suhermanto, A. Y., Hidayah, D. Z. M., & Putri, M. R. (2020). Meningkatkan Eksistensi dan Pelestarian Batik di Era Modern. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(2), 139. https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i2.6536
Mahardika, B., & Putra, A. P. (2023). Pengenalan Batik Simbut Sebagai Upaya Stimulasi Aspek Perkembangan pada Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Tumbuh. Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 3(2). https://doi.org/10.51214/japamul.v3i2.659
Meyer, M., & Railsback, B. (2006). A John Steinbeck Encyclopedia.
Mtd, N. P., Butarbutar, M. I., Sinulingga, S. A. B., Marpaung, J. R., & Harahap, R. M. (2023). Pentingnya Evaluasi Dalam Pembelajaran Dan Akibat Memanipulasinya. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(1), 249-261. https://doi.org/10.30640/dewantara.v2i1.722
Nurliana, S., Wiryono, W., Haryanto, H., & Syarifuddin, S. (2021). Pelatihan ecoprint teknik pounding bagi guru-guru paud haqiqi di kota bengkulu. Dharma Raflesia: Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 19(2), 262-271. https://doi.org/10.33369/dr.v19i2.17789
Octariza, S., & Mutmainah, S. (2021). Teknik Pounding pada Anak Sanggar Alang-alang Surabaya. Seni Rupa, 9(2), 308–317. http:/e/journal.unesa.ac.id/index.php/va
Parmono, K. (2013). Nilai Kearifan Lokal dalam Batik Tradisional Kawung. Jurnal Filsafat, 23(2), 135–146.
Putri, S. W. D., Heldanita, H., Marlisa, W., Arifin, Z., & Suryanti, D. S. (2023). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Teknik Ecoprint. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(02), 82-91. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v
Saptutyningsih, E., & Wardani, D. T. K. (2019). Pemanfaatan Bahan Alami Untuk Pengembangan Produk Ecoprint Di Dukuh Iv Cerme, Panjatan, Kabupaten Kulonprogo. Warta LPM, 21(2), 18–26. https://doi.org/10.23917/warta.v21i2.6761
Suneki, S. (2012). Dampak globalisasi terhadap eksistensi budaya daerah. CIVIS: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan Kewarganegaraan, 2(1).
Susanto, N. C. A., Latief, M., Puspitasari, R. D., Bemis, R., & Heriyanti, H. (2021). Pengenalan ecoprint guna meningkatkan keterampilan siswa dalam pemanfaatan bahan alam. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(1), 111. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i1.8974
Syardiansah, S. (2019). Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian Dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa. JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), 7(1), 57–68. https://doi.org/10.33884/jimupb.v7i1.915
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Suryadi Budi Utomo, Iqsan Tiyas Istiqo, Mahardika Yuhana Bayu Putra, Grandis Humaira Muanas, Shofiana Lailatus
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.