Sosialisasi Persiapan Akreditasi Di PKBM Generus Nusantara Dalam Menentukan Kelayakan

Penulis

  • Ila Rosmilawati Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Muhamad Farhan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Larasati Larasati Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Muhammad Gizwa Afdhallah Sachlan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Fisi Dwi Yunika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31629/khidmat.v1i1.7004

Kata Kunci:

Akreditasi, PKBM, Pendidikan Non Formal

Abstrak

Pusat Kegiatan Belajar Mengajar atau yang lebih dikenal dengan sebutan PKBM, merupakan satuan pendidikan nonformal yang termasuk dalam Undang-Undang SISDIKNAS Nomor 20 Tahun. Paket A, Paket B, dan Paket C adalah beberapa program kesetaraan yang ditawarkan. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005, PKBM harus lulus penilaian dari BAN PAUD dan PNF dengan menggunakan instrumen akreditasi yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan (SNP). Ini mencakup delapan standar: 1. Standar Kompetensi Lulusan; 2. Standar Isi; 3. Standar Proses; 4. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan; 5. Standar Sarana dan Prasarana; 6. Standar Pengelolaan; dan 7. Standar Penilaian. Standar Pembiayaan. Jika PKBM telah memiliki akreditasi, maka PKBM tersebut akan diberikan izin untuk menyelenggarakan ujian program pendidikan kesetaraan. Sebagai salah satu lembaga pendidikan non formal, PKBM Generus Nusantara bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanannya dengan menjadi terakreditasi, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan proses sosialisasi persiapan akreditasi di PKBM Generus Nusantara. Dalam mempersiapkan akreditas peneliti tertarik untuk mendampingi PKBM Generus Nusantara Kota Serang dengan menggunakan metode penelitian pendekatan kuantitatif, teknik pengelolaan data menerapkan observasi, wawancara dan dokumentasi, hasil penelitian membuktikan pada persiapan akreditasi melibatkan semua unsur yang terlibat dalam suatu lembaga, ketersediaan sarana dan prasarana, kualitas tenaga pengajar, kesesuaian kurikulum, dan dukungan masyarakat setempat merupakan beberapa faktor yang menentukan kelayakan. Proses persiapan akreditasi di PKBM Generus Nusantara berhasil disosialisasikan dengan baik, sehingga meningkatkan kesadaran semua pihak yang terlibat dan mendorong partisipasi mereka untuk memenuhi persyaratan akreditasi. Pengaruh akreditasi memotivasi PKBM untuk meningkatkan kualitas yang dimiliki dalam satuan PKBM

Biografi Penulis

Ila Rosmilawati, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Program Studi Program Studi Pendidikan Dasar

Muhamad Farhan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Program Studi Program Studi Pendidikan Non Formal

Larasati Larasati, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Program Studi Program Studi Pendidikan Non Formal

Muhammad Gizwa Afdhallah Sachlan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Program Studi Program Studi Pendidikan Non Formal

Fisi Dwi Yunika, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Program Studi Program Studi Pendidikan Non Formal

Referensi

Ahmad, A., Ovilailia, E., Andani, I. S., Nirkana, M. A., Rahayu, S. L., Ishaq, M., & Purwito, L. (2022). Standar Pengelolaan Program Pendidikan Nonformal Dari Perspektif Akreditasi. Jurnal Sustainable, 5(1), 42–49. https://doi.org/10.32923/KJMP.V5I1.2403

Arsyad, I. (2023). Implementasi Akreditasi Pada Satuan Pkbm (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Di Kecamatan Tallo Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 329–332. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/ls/article/view/3423

Dewi, K. H. S., Melati, I. G. A. S., Putera, W. A., Saskara, I. M. R., Ermawati, D., & Mahaputra, I. K. A. D. (2024). PKM Digitalisasi Bahan Ajar Bagi Tutor Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Jurnal Abdimas Indonesia, 4(2), 541–552. https://doi.org/10.53769/JAI.V4I2.751

Febrianti, R., Wadin, W., & Pradikto, B. (2020). Analisis Kesiapan PKBM dalam Menghadapi Akreditasi Berbasis Sispena 2.0 di Kabupaten Rejang Lebong. Journal Of Lifelong Learning, 3(2), 88–99. https://doi.org/10.33369/JOLL.3.2.88-99

Halimatussa’diah, O., Sulistiono, H., & Avrizal, R. (2022). Sistem Informasi Presensi Siswa Dan Guru PKBM Paket B Tahfiz Daarus Sunnah Cibinong. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(12), 3279–3288. https://doi.org/10.53625/JABDI.V1I12.2051

Hasan, F., Fajarwati, L., & Imamyartha, D. (2021). Peningkatan Partisipasi Akreditasi Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Penyusunan Dokumen Akreditasi Delapan Standar. Jurnal Pengabdian Kepada MAsyarakat, 27(2), 170–174. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpkm/article/view/23726

Iskamto, D., Gultom, E., Liyas, J. N., Ansori, P. B., Harwina, Y., & Hendra, T. (2022). Pelaksanaan Proses Akreditasi Sekolah untuk menjaga kualitas Pendidikan Sekolah/Madrasah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 1(2), 46–51. https://doi.org/10.54099/JPMA.V1I2.132

Karsiwan, K. (2022). Sosialisasi Sistem Akreditasi dan Keterbutuhan Dokumen Akreditasi Pada PKPPS Khidmatusunnah. Jurnal Pengabdian Masyarakat (ABDIRA), 2(2), 96–109. https://doi.org/10.31004/ABDIRA.V2I2.140

Koesoemahardja, N. F., Suparwati, A., & Arso, S. P. (2016). Analisis Kesiapan Akreditasi Dasar Puskesmas Mangkang Di Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 4(4), 94–103. https://doi.org/10.14710/JKM.V4I4.13946

Liana, H., Fajriani, K., Aslina, Y., & Sjamsir, H. (2023). Sosialisasi dan Lokakarya Akreditasi Badan Akreditasi Nasional (BAN) PAUD dan PNF di Kecamatan Penajam Kabupaten Paser Utara Kalimantan Timur. TAAWUN, 3(02), 272–282. https://doi.org/10.37850/TAAWUN.V3I02.646

Masturoh, U., & Ifadah, A. S. (2023). Sosialisasi Akreditasi BAN PAUD dan PNF Serta Pendampingan Pengisian Sispena 3.1 Pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini Se- Kabupaten Gresik. Journal of Early Childhood and Character Education, 3(2), 133–152. https://doi.org/10.21580/JOECCE.V3I2.17687

Nasution, R. H. S. (2020). Implementasi akreditasi satuan PAUD di Kota Padangsidempuan Kecamatan Padangsidempuan Selatan. UIN Sumatera Utara.

Nugroho, A. (2021). Pengelolaan Kelompok Belajar Usaha (KBU) Menjahit Di PKBM Assolahiyah Karawang. Comm-Edu (Community Education Journal), 4(2), 46–56. https://doi.org/10.22460/COMM-EDU.V4I2.6995

Putera, H. R., Ats-Tsauri, M. I., & Ropandi, Y. (2022). Strategi Peningkatan Akreditasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dengan Pendekatan Interpretive Structural Modeling (ISM). Jurnal Teknik Industri, 3(02), 39–48. https://doi.org/10.37366/JUTIN0302.3948

Sukmana, C., Lutfiansyah, D. Y., Purnomo, P., & Sulistiono, E. (2023). Perencanaan pendampingan mutu lembaga PKBM di Kota Cimahi. Abdimas Siliwangi, 6(3), 661–674. https://doi.org/10.22460/AS.V6I3.17679

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-05-30

Cara Mengutip

Rosmilawati, I., Farhan, M., Larasati, L., Sachlan, M. G. A., & Yunika, F. D. (2024). Sosialisasi Persiapan Akreditasi Di PKBM Generus Nusantara Dalam Menentukan Kelayakan. Khidmat: Journal of Community Service, 1(1), 25–36. https://doi.org/10.31629/khidmat.v1i1.7004

Terbitan

Bagian

Article