Pelatihan Digital Marketing Dalam Rangka Penguatan Kapasitas UMKM Desa Ekang Anculai

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31629/khidmat.v1i1.6972

Keywords:

Pelatihan, Digital Marketing, Penguatan Kapasitas

Abstract

Pelatihan Digital Marketing bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Ekang Anculai, Kecamatan Teluk Sebong, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Desa Ekang Anculai merupakan desa wisata yang memiliki berbagai potensi UMKM, namun menghadapi tantangan dalam akses pasar dan pengetahuan tentang pemasaran modern. Untuk mengatasi hal ini, diadakan pelatihan digital marketing yang melibatkan pelaku UMKM, Dasawisma, aparatur desa, dan masyarakat setempat. Pelatihan ini terdiri dari dua sesi utama: ceramah dan diskusi mengenai pentingnya pemasaran digital serta praktek langsung pembuatan produk dan penguploadan foto produk di platform pemasaran digital seperti Shopee dan Facebook Marketplace. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan pemahaman peserta mengenai strategi pemasaran digital dan pemanfaatan platform digital untuk memasarkan produk UMKM mereka. Peserta diperkenalkan dengan berbagai fitur aplikasi Shopee, dari pembuatan toko hingga penggunaan fitur live untuk penjualan. UMKM di Desa Ekang Anculai memperoleh berbagai manfaat dari digital marketing, seperti mencapai pasar yang lebih luas, meningkatkan visibilitas online, membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan, mengoptimalkan penggunaan anggaran pemasaran, dan meningkatkan penjualan serta profitabilitas. Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan UMKM dan kesejahteraan masyarakat desa dengan memanfaatkan teknologi digital untuk pemasaran produk. Secara keseluruhan, kegiatan pengabdian masyarakat ini berhasil meningkatkan kapasitas UMKM Desa Ekang Anculai dalam memanfaatkan digital marketing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrizal, A., & Handrisal, H. (2019). Mewujudkan Ketahanan Sosial Masyarakat Melalui Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Di Desa Ekang Anculai Kabupaten bintan. WEDANA: Jurnal Kajian Pemerintahan, Politik dan Birokrasi, 5(1), 627-641.

Fadhilah, D. A., & Pratiwi, T. (2021). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing.

Faizah, F. (2021). Shopee sebagai Media Promosi Penjual di Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan. Skripsi Uin Sunan Ampel. Surabaya.

Faozan, H. (2006). Penguatan kapasitas kelembagaan pemerintah daerah sebagai agenda utama optimasi pengelolaan daerah perbatasan. Jurnal Borneo Administrator, 2(2).

Inge, N. (2021). Berbasis Pemberdayaan Masyarakat, Desa Wisata Ekang Terus Berkembang. Melayupedia.com

Japarianto, E., & Adelia, S. (2020). Pengaruh tampilan web dan harga terhadap minat beli dengan kepercayaan sebagai intervening variable pada e-commerce shopee. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 35-43.

Nirmala, B. P. W., & Paramitha, A. A. I. I. (2020). Digitalisasi desa dan potensi wisata di desa kerta, kabupaten gianyar menuju pariwisata 4.0. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(3), 350-355.

Pranitasari, D., & Sidqi, A. N. (2021). Analisis kepuasan pelanggan elektronik Shopee menggunakan metode e-service quality dan kartesius. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 18(02), 12-31.

Profil Desa. (2019). Tim Desa Ekang Anculai. https://ekanganculai.simdesprima.id/ read/wilayah-desa

Shopee Careers, 2022, “Shopee Adalah Platform Belanja Online Terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan”. https://careers.shopee.co.id

Sulistiyawati, E. S., & Widayani, A. (2020). Marketplace Shopee Sebagai Media Promosi Penjualan UMKM di Kota Blitar. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(1), 133.

Susanto, D. A., Anugrah, S., Rahmaliya, R., & Haris, O. (2021). Peningkatan Kapasitas Umkm Dalam Meningkatkan Penjualan Melalui Strategi Pemasaran Digital Desa Caringin. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Abdi Putra, 1(2), 36-41.

Susilo, D. E., & Mahendri, W. (2021). Sosialisasi Business Plan Meningkatkan Kapasistas Bumdes Sari Artha Bareng Jombang. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 2(1), 90-97.

Winarti, C. (2021). Pemanfaatan Sosial Media oleh UMKM Dalam Memasarkan Produk di Masa Pandemi Covid-19. Universitas Tanjungpura, 195-206.

Downloads

Published

2024-04-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

Valentina, A., Suryaningsih, S., Pangestoeti, W., Yahya, G. Y., & Rolisti, D. (2024). Pelatihan Digital Marketing Dalam Rangka Penguatan Kapasitas UMKM Desa Ekang Anculai. Khidmat: Journal of Community Service, 1(1), 46-54. https://doi.org/10.31629/khidmat.v1i1.6972

Similar Articles

1-10 of 13

You may also start an advanced similarity search for this article.