PENGARUH LIKUIDITAS, KEPUTUSAN PENDANAAN, DAN KINERJA PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN YANG DIMODERASI GOOD CORPORATE GOVERNANCE (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PROPERTY, REAL ESTATE, DAN BUILDING CONSTRUCTION DI BURSA EFEK INDONESIA)

Authors

  • Hendrianto, Yulia Efni, Andewi Rokhmawati Universitas Riau, Pekan Baru

DOI:

https://doi.org/10.31629/jiafi.v2i1.1274

Keywords:

Nilai Perusahaan, Kinerja Perusahaan, GCG, Likuiditas, Pendanaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari likuiditas, keputusan pendanaan, dan kinerja perusahaan terhadap nilai perusahaan pada sektor property, real estate, dan building construction yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2015 hingga 2017. Serta menganalisis bagaimana penerapan good corporate governance dalam melakukan fungsi pengawasan terhadap manajemen. Metode penarikan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh 44 perusahaan property, real estate, dan building construction yang menjadi sampel. Alat analisis data yang digunakan adalah partial least square (PLS). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa likuiditas dan good corporate governance tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Berbeda dengan keputusan pendanaan dan kinerja perusahaan yang berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Likuiditas berpengaruh terhadap nilai perusahaan melalui kinerja perusahaan. Keputusan pendanaan berpengaruh terhadap nilai perusahaan melalui kinerja perusahaan. Good corporate governance tidak memoderasi hubungan likuiditas terhadap nilai perusahaan. Good corporate governance tidak memoderasi hubungan kinerja perusahaan terhadap nilai perusahaan. Good corporate governance tidak memoderasi hubungan keputusan pendanaan terhadap nilai perusahaan.

Downloads

Published

2018-10-31

How to Cite

Hendrianto, Yulia Efni, Andewi Rokhmawati (2018) “PENGARUH LIKUIDITAS, KEPUTUSAN PENDANAAN, DAN KINERJA PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN YANG DIMODERASI GOOD CORPORATE GOVERNANCE (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PROPERTY, REAL ESTATE, DAN BUILDING CONSTRUCTION DI BURSA EFEK INDONESIA)”, Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Finansial Indonesia, 2(1), pp. 15–28. doi: 10.31629/jiafi.v2i1.1274.