PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN STRUKTUR MODAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR INDUSTRI BARANG KOMSUMSI SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN TAHUN 2014 - 2017
DOI:
https://doi.org/10.31629/jiafi.v1i2.1229Keywords:
Profitabilitas, Struktur Modal, Nilai Perusahaan, Variabel moderasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan struktur modal sebagai variabel moderasi di perusahaan sub sektor makanan dan minuman. Jumlah populasi ada 18 perusahaan. Metode pengambilan sampel dengan purposive sampling. Terdapat 11 sampel perusahaan. Metode penelitian dengan uji statistik dimana juga menggunakan uji analisis regresi moderasi. Hasillnya adalah secara simultan dan parsial profitabilitas dan struktur modal berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Adjusted R2 bernilai 71,6%. Hal ini berarti ada 28,4 % lagi selain profitabilitas dan struktur modal yang mempengaruhi nilai perusahaan.Struktur modal juga dapat memperkuat pengaruh dari profitabilitas ke nilai perusahaan. Hal ini dapat dilihat dari beta Z yang bersifat positif dimana nilai perusahaan akan naik 9,8%. Struktur modal juga merupakan quasi moderator yaitu pengaruh struktur modal terhadap nilai perusahaan dan pengaruh interaksi Z terhadap nilai perusahaan juga signifikan.