Model niat berperilaku melibatkan citra merk dan kepercayaan dalam niat pembelian produk fashion secara online pada Generasi Milenial di Kota Batam
DOI:
https://doi.org/10.31629/bi.v8i1.7032Kata Kunci:
Citra Merek, Kepercayaan, Minat Beli, Generasi Milenial, BatamAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran citra merek terhadap niat beli yang dimediasi oleh kepercayaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah generasi milenial yang pernah melakukan pembelian produk fashion secara online di Kota Batam. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian ini adalah purposive sampling, yaitu pemilihan sampel yang dipilih berdasarkan pertimbangan teknik convenience sampling, dimana teknik pengambilan sampel dengan cara pengambilan sampel secara kebetulan yang dipertimbangkan sebagai anggota sampel adalah orang-orang yang mudah ditemui, berada pada waktu yang tepat, dan mudah dijangkau. Kriterianya adalah generasi milenial yang pernah melakukan pembelian produk fashion melalui platform e-commerce di Batam yang lahir sekitar tahun 1980 hingga 1995 saat teknologi sudah maju. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis outer model, inner model, dan uji hipotesis mediasi melalui program SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan, kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap minat beli, sedangkan citra merek tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli, namun kepercayaan mampu memediasi antara citra merek dan minat beli.
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Bahtera Inovasi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.