Penentuan Suksesor Bisnis Dengan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART) Berdasarkan Teori ACE-MAN Untuk Mendukung Suksesi Bisnis di PT. X
DOI:
https://doi.org/10.31629/bi.v7i1.5808Kata Kunci:
Suksesi Bisnis, Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART), ACE-MANAbstrak
Penelitian ini dilakukan untuk membuat rumusan penilaian dan pemilihan suksesor bisnis berdasarkan kriteria yang objektif untuk mendukung proses suksesi bisnis di perusahaan yang bergerak dibidang distribusi produk farmasi dan alat kesehatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan dengan teknik studi kepustakaan, wawancara mendalam, penyebaran kuesioner dan triangulasi data dari tiga narasumber yang juga menjadi responden penilai calon suksesor. Kriteria penilaian kandidat ditetapkan berdasarkan teori ACE-MAN (Acceptable, Charismatic, Energetic, Managing, Achieving dan Networking). Rumusan penilaian kandidat dianalisis dengan metode kualitatif dan diolah dengan bantuan metode Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART) untuk mencari kandidat terbaik dengan skor penilaian tertinggi berdasarkan kriteria ACE-MAN. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah perusahaan telah mulai merencanakan proses suksesi bisnis. Terdapat satu orang kandidat yang memperoleh hasil penilaian tertinggi dari tiga orang penilai setelah diolah dengan metode SMART berdasarkan kriteria ACE-MAN dan juga dapat memenuhi nilai-nilai budaya keluarga yang diterapkan di perusahaan
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Bahtera Inovasi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.