Systematic Mapping Study: Peran Women Entrepreneurship dalam Networking pada UMKM Pariwisata
DOI:
https://doi.org/10.31629/bi.v5i2.3932Kata Kunci:
women entrepreneurship;, networking, tourismAbstrak
Penelitian mengenai women entrepreneurship banyak menarik minat peneliti, selain itu pemanfaatan networking dan sektor industri pariwisata juga selalu dikaitkan dengan women entrepreneurship. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk melakukan pemetaan topik women entrepreneurship, networking dan pariwisata dengan menggunakan metode Systematic Mapping Study (SMS) untuk membantu melihat perkembangan penelitian. Pencarian data dilakukan dengan memanfaatkan database scopus dengan hasil akhir 23 artikel. Berdasarkan hasil pemetaan menunjukkan bahwa metode penelitian yang paling banyak digunakan untuk topik women entrepreneurship adalah kualitatif yaitu 12 (52,17%) artikel. Fokus penelitian yang paling sedikit adalah development strategy dan innovation, sehingga fokus ini dapat menjadi rujukan untuk penelitian selanjutnya. Paper type yang dominan digunakan adalah kategori evaluation research yaitu 12 (52,17%) artikel. Selanjutnya tren publikasi negara yang banyak melakukan penelitian pada topik ini adalah UK dan South Africa yaitu 5 (21,74%) artikel dan tren publikasi dari tahun ke tahun puncaknya berada di tahun 2020 dengan jumlah 7 (30,4%) artikel. Berdasarkan hasil pemetaan masih terdapat kesenjangan dalam topik penelitian ini, sehingga masih terdapat peluang untuk menghasilkan keterbaruan