Aplikasi Sistem Informasi CRM Berbasis Web
DOI:
https://doi.org/10.31629/bi.v5i2.3898Kata Kunci:
Sistem Informasi, CRM, Berbasis WebAbstrak
CRM (Customer Relationship Management) adalah cara bagaimana perusahaan menjalin hubungan baik yang berkelanjutan antara perusahaan dengan para pelanggan, berkomunikasi dengan pelanggan, dan memasarkan kepada mereka sehingga menjamin kepuasan, dan loyalitas pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengenal pasti fase dalam CRM, aktifitas serta peran Sistem Informasi CRM. Pemahaman pada topik ini akan menjadi acuan dalam merancang dan mendesain aplikasi Sistem Informasi CRM yang efisien dan efektif. Sistem Informasi CRM sekarang sudah dikembangkan dalam bentuk aplikasi berbasis web. Artinya perusahaan tidak harus membeli server dalam menyediakan Sistem Informasi CRM namun bisa dengan mengembangkan sendiri menggunakan aplikasi berbasis CMS (Content Management System). Pada aktifitas operasional data pelanggan dikumpulkan dan disimpan dalam data base untuk keperluan analisis. Data kemudian diolah dan dianalisis secara otomatis dan real time menjadi informasi yang berguna bagi keputusan-keputusan strategis pemasaran yang dirancang sesuai untuk divisinya masing-masing, baik itu Sales Force, Customer Service maupun Marketing.