Inovasi Badan Layanan Umum (BLU) dalam Meningkatkan Pendapatan di Masa Pandemi COVID-19

Penulis

  • Dani Sugiri Politeknik Keuangan Negara STAN

DOI:

https://doi.org/10.31629/bi.v5i2.3833

Kata Kunci:

Badan Layanan Umum, Inovasi Layanan, Strategi Bisnis

Abstrak

Pandemi COVID-19 memberikan dampak yang cukup berat bagi entitas pemberi layanan kepada masyarakat, termasuk Badan Layanan Umum (BLU). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai berbagai inovasi yang dilakukan oleh Badan Layanan Umum (BLU) untuk meningkatkan pelayanan dan mengoptimalkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan studi literatur dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi yang dilakukan oleh BLU antara lain (a) peningkatan optimalisasi aset yang dikelola oleh BLU; (b) penerapan strategi digitalisasi proses bisnis dan layanan BLU; (c) peningkatan sinergi layanan BLU; dan (d) pemangkasan biaya dan tarif layanan BLU. Inovasi tersebut dilakukan agar tetap dapat memberikan pelayanan terbaik dengan tetap berusaha mencapai efisiensi dan produktifitas, walaupun dalam kondisi pandemi COVID-19 yang kurang menguntungkan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-06-26

Cara Mengutip

Sugiri, D. (2022). Inovasi Badan Layanan Umum (BLU) dalam Meningkatkan Pendapatan di Masa Pandemi COVID-19. Bahtera Inovasi, 5(2), 74–79. https://doi.org/10.31629/bi.v5i2.3833