Celebrity Endorser, Online Customer Review, Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening pada Marketplace Tokopedia

Penulis

  • Denny Pratama Putra Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Lia Suprihartini Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Roni Kurniawan Universitas Maritim Raja Ali Haji

DOI:

https://doi.org/10.31629/bi.v5i1.3800

Kata Kunci:

Celebrity Endorser, Online Customer Review, Online Customer Rating, Keputusan Pembelian, Kepercayaan

Abstrak

Secara garis besar penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Celebrity Endorser, Online Customer Review dan Online Customer Rating secara parsial terhadap Keputusan Pembelian, Pengaruh Celebrity Endorser, Online Customer Review, dan Online Customer Rating secara parsial terhadap Trust, Pengaruh Keputusan Pembelian terhadap Trust, Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Trust, Pengaruh Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Trust dan Pengaruh Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Trust. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna Tokopedia yang pernah melakukan pembelian di Tokopedia. Penentuan sampel menggunakan metode incidental sampling, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Lameshow' sehingga diperoleh 100 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis jalur dan uji hipotesis. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Celebrity Endorser secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, secara parsial Online Customer Review berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Online Customer Rating secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Kepercayaan Parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Kepercayaan tidak mampu menengahi antara Celebrity Endorser, Online Customer Review dan Online Customer Rating pada niat beli. Berdasarkan hasil penelitian, Tokopedia diharapkan dapat terus meningkatkan Keputusan Pembelian dengan memperhatikan faktor-faktor yang mendukung dan mendukung Celebrity Endorser, Online Customer Review, dan Online Customer Rating.

.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-11-16

Cara Mengutip

Pratama Putra, D., Suprihartini, L., & Kurniawan, R. (2021). Celebrity Endorser, Online Customer Review, Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening pada Marketplace Tokopedia. Bahtera Inovasi, 5(1), 57–65. https://doi.org/10.31629/bi.v5i1.3800