Strategi Pengembangan Pariwisata Bahari Desa Pulau Benan Kecamatan Senayang Kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Riau

Penulis

  • Akhirman Akhirman Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Nurhasanah Nurhasanah Universitas Maritim Raja Ali Haji

DOI:

https://doi.org/10.31629/bi.v2i2.1629

Kata Kunci:

Pengembangan Strategi, Potensi, Desa Wisata

Abstrak

Desa Pulau Benan merupakan salah satu desa yang berada dalam Kecamatan Senayang Kabupaten Lingga ternyata memiliki potensi Wisata Bahari yang layak untuk dikembangkan menjadi wisata unggul di Provinsi Kepeulauan Riau setelah Lagoi. Kepri berhasil membukukan Rp 4,8 triliun dari industri pariwisata sepanjang tahun 2017 lalu. Nominal itu merupakan asumsi dari uang yang dibelanjakan wisatawan domestik dan mancanegara. Sepanjang Januari  hingga November 2017 lalu, jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Kepri mencapai 1.815.978. Jumlah itu naik 6,29 persen dibanding periode yang sama 2016 lalu. Saat itu, wisman yang berlibur ke Kepri berjumlah 1.708.500. Namun  data kunjungan wisatawan ke Objek Wisata Pulau Benan masih tergolong rendah, dalam catatan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora, Kab.Lingg; 2016) Kabupaten Lingga kunjungan wisatawan  ke Pulau Benan tersebut tahun 2018 hanya dalam hitungan  puluhan wisatawan dari  mancanegara. (Disparpora, Kab.Lingga; 2016).  

Kendala transportasi dari Tanjungpinang, Batam atau dari Lingga untuk datang ke Pulau Benan masih terbatas bahkan spekulatif sekali. Jika terjadi cuaca buruk seperti angin kencang maka Ferry atau Speed Baod yang ditompangi tidak dapat merapat untuk singgah di Pelabuhan satu-satunya pelabuhan penumpang,  kemudian Ongkos  transportasi yang tidak proporsional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan objek wisata Desa  Pantai Pulau Benan  agar menarik minat wisatawan untuk datang ke objek wisata tersebut.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.  Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan strategi pariwisata Desa Pantai Pulau Benan dapat dirumuskan dengan menggunakan SWOT dan strategi analisis SO, ST, WO, WT.  dengan menerapkan Pariwisata Berbasis Masyarakat sebagai pendekatan untuk pengembangan pariwisata.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-11-18

Cara Mengutip

Akhirman, A., & Nurhasanah, N. (2019). Strategi Pengembangan Pariwisata Bahari Desa Pulau Benan Kecamatan Senayang Kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Riau. Bahtera Inovasi, 2(2), 163–174. https://doi.org/10.31629/bi.v2i2.1629