Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sunscreen Azarine Pada Mahasiswa Febm Umrah
DOI:
https://doi.org/10.31629/bi.v9i1.7399Keywords:
Brand Image, Price, Electronic Word of Mouth, Purcase DecisionAbstract
This study aims to examine the influence of brand image, price, and electronic word of mouth (e-WOM) on purchasing decisions of Azarine sunscreen products among students of the Faculty of Economics and Maritime Business, Raja Ali Haji Maritime University. A quantitative approach was used using a survey method involving 93 respondents who had purchased or used the product. Data were analyzed using multiple linear regression. The results showed that partially price and e-WOM had a significant positive effect on purchasing decisions, while brand image did not have a significant effect. However, simultaneously, the three variables significantly influenced purchasing decisions. These findings can be strategic input for companies to improve their marketing strategies, especially in digital communication and brand positioning.
Downloads
References
Akrimah, N., & Salami, M. M. (2025). The Influence Of Electronic Word Of Mouth And Brand Image On Consumer Purchase Decisions For Cosmetics Wardah at Amelia Olshop Indistrict Cipondoh City Tangerang. 3(5), 304–317. https://jurnal.researchideas.org/index.php/neraca/article/view/598
Ghozali, P. H. I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Goeliling, A., Devi, N. N., & Goeliling, A. (2023). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Skintific. Seminar Nasional Teknologi Dan Multidisiplin Ilmu (SEMNASTEKMU), 3(2), 49–61. https://doi.org/10.51903/semnastekmu.v3i2.225
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan: pemasaran dan kepuasan pelanggan - - Google Books. In Unitomo Press (p. 61).
Jawaad, A., & Abdilla, M. (2025). Pengaruh Kualitas Produk , Citra Merek dan Kepercayaan KonsumenTerhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Skintific Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dharma Andalas. Journal of Business Economics and Management, 01(03), 714–722. https://jurnal.globalscients.com/index.php/jbem
Kotler, P., & Armstrong, G. (2021). Principles of Marketing. Pearson Education.
Kotler, P., & Kelller, L. K. (2022). Marketing Management. In Pearson. Pearson Education.
Lestari, D., & Desi, L. tri. (2024). Pengaruh e-wom dan harga terhadap keputusan pembelian produk hanasui. 16(2), 28–37. https://jmk.uho.ac.id/index.php/journal/index
Prihadini, D., Krishantoro, & Fitra Nanda, I. (2023). Pengaruh Electronic Word Of Mouth dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Sunscreen Azarine (Survei pada pengguna aplikasi tiktok). Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 4(2), 84–94. http://ojs.stiami.ac.id
Puspita Sari, T., & Ambardi, A. (2023). Pengaruh Electronic Word of Mouth, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare the Originote. Jurnal Ilmu Manajemen Retail Universitas Muhammadiyah Sukabumi, 4(2), 85–92. https://doi.org/10.37150/jimat.v4i2.2252
Sinuraya, A. C., Iswiyanti, A. S., Wibowo, H. M., & Nengsih, W. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Electronic Word of Mouth (E-Wom) Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Somethinc. Equilibrium Point : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 6(1), 107–133. https://doi.org/10.46975/ebp.v6i1.189
Sugiyono, P. D. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, C
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Bahtera Inovasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- NonKomersial — Anda tidak dapat menggunakan materi ini untuk kepentingan komersial .
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.