Pengaruh Word of Mouth, Brand Awareness dan Strategi Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Produk Air Minum dalam Kemasan di Tanjungpinang-Bintan
DOI:
https://doi.org/10.31629/bi.v7i1.6429Keywords:
Word of Mouth, Brand Awareness, Marketing Mix StrategyAbstract
This study aims to prove the influence of word of mouth, brand awareness and marketing mix strategies on purchasing decisions. The population in this study is all the people of Tanjungpinang City and Bintan Regency, totaling 395,928 people in 2022. Sampling uses a probability sampling technique. The sample in this study were the people of Tanjungpinang-Bintan who had consumed bottled drinking water (AMDK) found in the Tanjungpinang-Bintan area when the questionnaire was distributed. This type of research is quantitative research. Primary research data comes from questionnaires. The data collected and tested using Smart PLS 3 Software. The results of the study found that brand awareness has an effect and is not significant on purchasing decisions and the marketing mix strategy has no effect and is not significant on purchasing decisions. Based on the results of the hypothesis test, the influential and significant value is found in the word of mouth variable (X1) on purchasing decisions (Y), obtained a t-statistic value of 3.834 > t-table 1.66 and a p-value of 0.000 < a significance value of 0.05. Based on the results of the determination coefficient test or goodness of fit (R²) a value of 0.369 (36.9%) was obtained, indicating that this research model was moderate because it was able to explain 39.6% of the entire study. While the remaining 60.4% is explained by other variables not examined in this study.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Bahtera Inovasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- NonKomersial — Anda tidak dapat menggunakan materi ini untuk kepentingan komersial .
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.