TINGKAT KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS ANDROID

  • Nina Adriani
  • Ardi Widhia Sabekti Universitas Maritim Raja Ali Haji

Abstract

Media pembelajaran adalah satu hal penting dalam proses belajar mengajar. Pemanfaatan teknologi masa kini seperti android menjadi salah satu pilihan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan dari media pembelajaran berbasis android yang digunakan dalam mata kuliah kimia hidrokarbon. Metode penelitian menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari empat tahapan, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Namun, dalam penelitian ini, hanya dilakukan tiga tahapan saja hingga tahap pengembangan (develop). Tingkat kelayakan diketahui dengan mengukur validitas menggunakan angket yang disebar kepada dua orang validator ahli. Hasil validitas media menunjukkan nilai 3,45 dan persentase sebanyak 86,25%, sedangkan validitas materi dengan nilai 3,18 dengan persentase sebanyak 79,68%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran kimia berbasis android yang dikembangkan sudah layak untuk diujicobakan kepada pengguna.

References

Hassan, S.M., Azhar, T., Hassan, T., & Hassan, S.H., (2014.). Using Social Media to Maximaze Students’ Learning Outcames. Journal of Education and Practice. 5 (23). 157-159.
Lin, M.H., Chen, H. C., & Liu, K.S., (2017). A Study of The Effects of Digital Learning Motivation and Learning Outcome. EURASIA Journal of Mathematics Science ang Technology Education. 13 (7). 3553-3564.
Mulyanta & Leong M.M. (2009). Tutorial Membangun Multimedia Interaktif Media Pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Mulyasa, E. (2008). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sabekti, A.W., & Adriani, N., (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Mata Kuliah Kimia Hidrokarbon. Solo. Seminar Nasional Kimia Fisika Biologi Universitas Sebelas Maret.
Sabekti, A.W., & Adriani, N., (2018). Pemanfaatan Teknologi Android Dalam Pembelajaran Kimia Untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa. Medan. SEMIRATA BKS PTN Barat Universitas Sumatera Utara.
Sudjana, N. (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sukmandari, D.G., & Sukardiyono, T., (2017). Analisis Aplikasi Jadwal Perkuliahan Berbasis Android. Jurnal Elinvo. 2(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/elinvo/oai
Widiadi, A.N., (2016). Pengembangan Aplikasi Ruang Kuliah Android (Arka) Untuk Matakuliah Penelitian Pendidikan Sejarah. Jurnal Pendidikan dan Sejarah. 10 (1). 111.
Yektyastuti, R., & Ikhsan, J., (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Kelarutan Untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 5(1). 88-99. http://journal.uny.ac.id/index.php/jipi
Zahroh, S. M., (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Keterampilan Generik Komunikasi Negosiasi Siswa SMK dengan Metode 4-D. Jurnal Pendidikan Vokasi. 4 (3). 379-390
Published
2018-10-30
Section
Articles