VALIDITAS DAN PRATIKALITAS MODUL STRATEGI PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN PENDEKATAN DAUR BELAJAR ENAM FASE

  • Fitriah Khoirunnisa Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UMRAH
  • Ardi Widhia Sabekti Universitas Maritim Raja Ali Haji
Keywords: modul, strategi pembelajaran, daur belajar

Abstract

Berdasarkan analisis kebutuhan yang telah dilakukan, maka perlu dikembangkan bahan ajar yang memfasilitasi siswa dalam mengkonstruk pengetahuannya tentang strategi pembelajaran pada bidang studi kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul perkuliahan Strategi Pembelajaran Kimia dengan pendekatan daur belajar enam fase. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan model pengembangan 4D dengan mengambil tiga tahap awal (define, design, develop). Untuk mengukur kualitas modul dilakukan uji validitas dan uji praktikalitas. Dari ketiga validator, diperoleh nilai validitas 3,46 dengan kriteria valid. Dari uji coba terhadap mahasiswa, diperoleh nilai praktikalitas 81,74% dengan kriteria praktis.

References

Cahyarini, A., Cahyarini, A., Rahayu, S., & Yahmin, Y. (2016). the Effect of 5E Learning Cycle Instructional Model Using Socioscientific Issues (Ssi) Learning Context on Students’ Critical Thinking. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2), 222–229. https://doi.org/10.15294/jpii.v5i2.7683
Hairida. (2016). the Effectiveness Using Inquiry Based Natural Science Module With Authentic Assessment To Improve the Critical Thinking and Inquiry Skills of Junior High. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2), 209–215. https://doi.org/10.15294/jpii.v5i2.7681
Khasanah, A. N., Widoretno, S., & Sajidan, S. (2017). Effectiveness of Critical Thinking Indicator-Based Module in Empowering Student’s Learning Outcome in Respiratory System Study Material. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(1), 187–195. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i1.8490
Khoirunnisa, F., & Sabekti, A. W. (2017). Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul Ajar Strategi Pembelajaran Kimia dengan Pendekatan Daur Belajar Enam Fase. Yogyakarta: Seminar Nasional Kimia Universitas Negeri Yogyakarta.
Syahroni, N. R. Dewi, K. (2016). The Effect Of Using Digimon ( Science Digital Module ) With Scientific Approach At The Visualizationof Students'. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(1), 116–122. https://doi.org/10.15294/jpii.v5i1.5800
Meerah, S. T. (n.d.). Pengembangan Modul Pembelajaran Mandiri Berbasiskan Perubahan Konseptual Radikal, 127–132.
Peniati, E. (2012). Pengembangan Modul Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar Ipa Berbasis Hasil Penelitian Pembelajaran. Jpii, 1(1), 8–15. https://doi.org/10.15294/jpii.v4i2.4179
S. R. Yunus, I. G. M. Sanjaya, B. J. (2013). Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2), 203–208. https://doi.org/10.15294/jpii.v4i2.4179
Setiawan, B., Innatesari, D. K., & Sabtiawan, W. B. (2017). The Development of Local Wisdom-based Natural Science Module to Improve Science Literation of Students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(1), 49–54. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i1.9595
Taufiq, M. (2012). Remediasi Miskonsepsi Mahasiswa Calon Guru Fisika Pada Konsep Daya Melalui Penerapan Model Siklus Belajar (Learning Cycle) 5E. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 1(2), 198–203. https://doi.org/10.15294/jpii.v1i2.2139
Vincentrisia, A., & Suciati. (2015). Jurnal Pendidikan IPA Indonesia APPLICATION OF LEARNING CYCLE MODEL ( 5E ) LEARNING WITH CHART VARIATION TOWARDSTUDENTS ’ CREATIVITY. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 4(1), 56–66. https://doi.org/10.15294/jpii.v4i1.3502
Yuliawati, F., Rokhimawan, M. A., & Suprihatiningrum, J. (2013). Pengembangan Modul Pembelajaran Sains Berbasis Integrasi Islam-Sains Untuk Peserta Didik Difabel Netra Mi/Sd Kelas 5 Semester 2 Materi Pokok Bumi Dan Alam Semesta. Jpii, 2(2), 169–177. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii
Published
2017-12-25
Section
Articles