Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Membangun Pembelajaran Bermakna Pada Kimia

Authors

  • Ardi Widhia Sabekti Pendidikan Kimia FKIP UMRAH

DOI:

https://doi.org/10.31629/zarah.v4i1.170

Keywords:

kemampuan berfikir, pembelajaran bermakna, contextual teaching and learning

Abstract

Pada umumnya peserta didik cenderung belajar dengan hafalan daripada secara aktif mencari tahu untuk membangun pemahaman mereka sendiri terhadap konsep ilmu kimia. Adapun tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan berfikir peserta didik melalui pembelajaran kontekstual dan untuk membangun pembelajaran bermakna yang diterapkan melalui model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) untuk kimia di SMA. Kita ketahui pada pembelajaran kimia terutama pada materi-materi tertentu bersifat abstrak akibatnya peserta didik tidak mampu menghubungkan konsep yang diperlukan untuk memahami konsep yang lain. Untuk menjawab permasalahan tersebut, diperlukan suatu strategi pembelajara yang dapat digunakan pendidik, yaitu salah satunya model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL)

References

Broman, K., & Parchmann, I. (2014). Research and Practice Students’ Application of Chemical Concepts When Solving Chemistry Problems in Different Contexts. The Royal Society of Chemistry.
Bruner, J.S. 1960. The Process of Education. New York: Vintage Book.
Crawford, M. (2001). Teaching contextually: Research, rationale, and techniques for improving student motivation and achievement in Mathematics and Science. Texas: CORD.
Depdiknas. Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi Sekretariat Jendral Depertemen Pendidikan Nasional. 2006. Cet III, h 8.
Hamruni. 2009. Strategi dan Model-Model Pembelajaran Aktif Menyenangkan. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.
Johnson, D.W., Johnson, R.T. & Johnson-Holubec, E.J. 2003. Cooperation in the Classroom. Bandung: Alfabeta.
King, D. (2009). Teaching and Learning in Context-Based Chemistry (Ph.D. thesis, Queensland University of Technology).
King, D., & Ritchie, S. (2012). Learning Science Through Real-World Contexts. Second International Handbook of Science Education, Springer International Handbooks of Education, 24, 69-79. http://dx.doi.org/10.1007/978-1-4020-9041-7_6.
Nafisah, K. K., Wan Mohd Rashid, W. A., Zulkarnain, A., & Maizam, A. (2011). A Study Of The Effectiveness Of The Contextual Approach To Teaching.
Novak, A. M., & Krajcik, J. S. (2006). Using technology to support inquiry in middle school science. In L. Flick, & N. G. Lederman (Eds.), Scientific inquiry and nature of science (pp. 75-102).
Smith, C. (2001). “Work-based Learning.” A Web-based System for the Professional Development of Teachers in Contextual Teaching and Learning Project. Bowling Green, OH: Bowling Green State University.
Syaodih, Nana. 2007. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Villalino, F. E. (2009). Context Based Teaching in Science. 8th Conference of the Phillipines School Overseas. Davao.
And Learning Statistics At The Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM).
Zandvliet, D. B. (2012). ICT Learning Environments and Science Education: Perception to Practice. Second International Handbook of Science Education, Springer International Handbooks of Education 24, 1277-1290. http://dx.doi.org/10.1007/978-1-4020-9041-7_82.

Published

2017-06-27