MODEL PEMBELAJARAN REMAP NHT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA
DOI:
https://doi.org/10.31629/zarah.v8i1.2041Kata Kunci:
Model Pembelajaran Remap NHT, Keterampilan Berpikir Kritis, Kesetimbangan KimiaAbstrak
Perkembangan ilmu pengetahuan abad 21 menuntut individu untuk menjadi sumber daya manusia yang berkualitas, diantaranya mampu mengelola, menggunakan, dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi kesetimbangan kimia melalui model pembelajaran Remap NHT ditinjau dari keterlaksanaan model pembelajaran dan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Rancangan penelitian menggunakan One Group Pretest-Posttest Design dengan subyek penelitian peserta didik kelas XI IPA 2 MAN 2 Gresik. Penelitian menggunakan metode pengamatan dengan instrumen berupa lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas peserta didik, serta metode tes dengan instrumen lembar tes keterampilan berpikir kritis. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) model pembelajaran Remap NHT terlaksana sangat baik selama 2 pertemuan dengan rata-rata persentase keterlaksanaan fase 1 sampai 6 berturut-turut sebesar 98,44 %, 100 %, 100 %, 96,02 %, 100 %, 99,11 % dan peserta didik terlibat aktif selama kegiatan belajar-mengajar, serta 2) keterampilan berpikir kritis peserta didik meningkat ditinjau dari rentang n-gain 0,75-1 dengan kriteria tinggi. Berdasarkan hasil keterlaksanaan model pembelajaran Remap NHT dan keterampilan berpikir kritis dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Remap NHT efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis.
Referensi
Adaminata, M. A., & Marsih, I. N. (2011). Analisis Kesalahan Konsep Siswa SMA pada Pokok Bahasan Kesetimbangan Kimia. Prosiding Simposium Nasional Inovasi Pembelajaran Dan Sains 2011 (SNIPS 2011), 1–5.
Agboeze, M. U., & Ugwoke, E. O. (2013). Enhancement of Critical Thinking Skills of Vocational and Adult Education Students for Entrepreneurship Development in Nigeria. Journal of Education, 4(17), 116–124. http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.990.722&rep=rep1&type=pdf
Arends, R. (2012). Learning to Teach (9th ed.). New York: McGraw-Hill.
Arifin, M. (2010). Strategi Belajar dan Mengajar Kimia. Bandung: Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA UPI.
Dini, D. R. R., & Azizah, U. (2018). THE EFFECTIVENESS OF COOPERATION AND STUDENT’S SELF CONFIDENCE THROUGH THE IMPLEMENTATION OF COOPERATIVE LEARNING MODEL TYPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) ON EQUILIBRIUM SHIFTMENT MATTER IN SMAN 1 SIDOARJO. 7(3), 245–249. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemical-education/article/view/25648/23515
Dwiningsih, K., Sukarmin, & Azizah, U. (2017). INOVASI PEMBELAJARAN 2. Surabaya: Unesa University Press.
Facione, P. A. (2015). Critical Thinking : What It Is and Why It Counts. ResearchGate, 1–30. https://www.insightassessment.com/CT-Resources/Teaching-For-and-About-Critical-Thinking/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts-PDF
Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(64), 64–74. https://doi.org/10.1119/1.18809
Heidari, M., & Ebrahimi, P. (2016). Examining the relationship between critical-thinking skills and decision-making ability of emergency medicine students. Indian Journal of Critical Care Medicine, 20(10), 581–586. https://doi.org/10.4103/0972-5229.192045
Kagan, S., & Kagan, M. (2009). KAGAN COOPERATIVE LEARNING. San Clemente: Kagan Publishing.
Kiltz, L. (2009). Developing Critical Thinking Skills in Homeland Security and Emergency Management Courses. Journal of Homeland Security and Emergency Management, 6(1). https://doi.org/10.2202/1547-7355.1558
Langford, D. (2014). The use of concept mapping to enhance the teaching of chemical equilibrium in a Grade 12 physical science tutoring classroom [Cape Peninsula University of Technology]. http://etd.cput.ac.za/bitstream/handle/20.500.11838/1870/Langford Deré 205148379 - Thesis.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Mahanal, S., Zubaidah, S., Bahri, A., & Dinnurriya, M. S. (2016). Improving students’ critical thinking skills through Remap NHT in biology classroom Improving students’ critical thinking skills through Remap NHT in biology classroom. Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching, 17(1), 1–19. http://www.eduhk.hk/apfslt/download/v17_issue2_files/zubaidah.pdf
Nahdiyah, A. N., & Azizah, U. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Asam Basa di SMA Negeri 3 Kota Mojokertp. UNESA Journal of Chemical Education, 7(3), 344–349. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemical-education/article/view/25626/23493
Novak, J. D., & Cañas, A. J. (2008). The Theory Underlying Concept Maps and How to Construct and Use Them. In Technical Report IHMC CmapTools 2006-01 Rev 01-2008. http://cmap.ihmc.us/publications/researchpapers/TheoryUnderlyingConceptMaps.pdf
Rafiuddin. (2016). Application Of Hypothesis Deductive Cycle Learning Model In The Matter Of Chemical Equilibrium To Improve Critical Thinking Skills Student High School. International Journal of Education and
Research, 4(6), 249–262. http://www.ijern.com/journal/2016/June-2016/20.pdf
Riduwan. (2012). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sardiman, A. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar (1st ed.). Jakarta: Rajawali Press.
Slavin, R. E. (2018). Educational Psychology : theory and practice. In Pearson (12th ed.). New York: Pearson Education, Inc.
Zubaidah, S. (2014). Pemberdayaan Keterampilan Penemuan Dalam Scientific Approach Melalui Pembelajaran Berbasis Remap Coople. Seminar Nasional XI Pendidikan Biologi FKIP UNS Biologi, Sains, Lingkungan, Dan Pembelajarannya, 1000–1011. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/7970/7134