PROFIL LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) UNSUR, SENYAWA, DAN CAMPURAN DENGAN PENDEKATAN STEM
DALAM KLASIFIKASI MATERI
DOI:
https://doi.org/10.31629/zarah.v7i2.1430Keywords:
klasifikasi materi, pengembangan LKS/LKPD, STEMAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Sains, Teknologi, Rekayasa dan Matematika yang berkualitas berdasarkan kesahihan. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan. Prosedur pengembangan yang digunakan terdiri dari merumuskan kompetensi, mengembangkan produk yaitu merancang dan membuat LKPD serta instrumen penilaiannya serta evaluasi yang berkualitas dan sahih untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa penilaian dari ahli kimia, ahli media, dan pendidik/guru sangat sahih yaitu rata-rata 3,75 dan 93,75 % yang artinya memenuhi standar kesahihan (kelayakan) suatu bahan ajar.
References
Bappenas. (2009). Rencana Kerja Pemerintah 2009. Jakarta: Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional.
Cook, M. 2008. Students’ Comprehension of Science Concepts Depicted in Textbook Illustrations. Electronis Journal of Science Education. 12(1).39-54. Tersedia di Http://ejse.southwestern.edu.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Panduan Pengembangan bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Ismayani, A. (2016). Pengaruh Penerapan STEM Project Based Learning Terhadap Kreativitas Matematics Siswa SMK. Indonesia Digital Journal of Mathematics and Education, 3(4), 264-272.
Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.
Sani, M. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Matakuliah Pemeliharaan Mesin Listrik di Jurusan teknik Elektro Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro., Volume 04 Nomor 1, Halaman 259-267.
Winarni, J., Zubaidah, S., & Koes, S. (2016). STEM: Apa, Mengapa, dan Bagaimana. Prosiding Semnas Pendidikan IPA Pascasarjana UM.