Nilai Pendidikan Karakter Terhadap Rasulullah dalam Karya Raja Ali Haji
DOI:
https://doi.org/10.31629/kiprah.v9i1.2647Keywords:
karya Raja Ali Haji, nilai, pendidikan karakter, RasulullahAbstract
Tulisan ini merupakan hasil penelitian tentang nilai pendidikan karakter terhadap Rasulullah dalam karya Raja Ali Haji. Lima karya dianlisis dalam penelitian ini, yakni Syair Abdul Muluk, Gurindam Dua Belas, Tsamarat al-Muhimmah, Tuhfat al-Nafis, dan Syair Sinar Gemala Mestika Alam, menggunakan teori semiotika Pierce. Berhubung dengan itu, digunakan metode deskriptif-kualitatif dan teknik analisis isi. Temuan penelitian ini terdapat tiga belas nilai pendidikan karakter terhadap Rasulullah dalam karya Raja Ali Haji. Jadi, nilai-nilai itu dapat digunakan sebagai materi pembelajaran pendidikan karakter, baik dalam pendidikan informal, formal, maupun nonformal.