MENINGKATKAN PRESTASI SISWA KELAS VII D DENGAN MENGGUNAKAN MODEL BLENDED LEARNING PADA MASA PANDEMI

Penulis

  • Basyariah SMPN 1 BIntan

DOI:

https://doi.org/10.31629/jermal.v2i2.3694

Kata Kunci:

Pandemi, Blanded Learning,Prestasi Siswa

Abstrak

Masa Pandemi sangat berpengaruh kepada siswa untuk dapat memahami pembelajaran dengan baik.Terlebih lagi kendala yang sering dihadapi siswa ketika proses Pembelajaran Jarak Jauh diterapkan. Hal ini sangat berpengaruh kepada kemampuan peserta didik dalam memahami pembelajaran.

             Prestasi peserta didik selama pembelajaran jarak  jauh  menimbulkan permasalahan. Rendahnya prestasi belajar peserta didik  mencapai rata – rata  dibawah KKM, dengan permasalahan rendahnya prestasi tersebut , maka usaha untuk menimgkatkan prestasi belajar peserta didik khususnya di kelas 9 D dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang menggunakan studi kasus dengan model pembelajaran Blended Learning Instrument menggunakan analisis tes prestasi belajar  secara deskriptif. Berdasarkan  penelitian ini, pada saat observasi diperoleh data nilai rata – rata prestasi belajar siswa sebesar 69,3. Dengan mengunakan model pembelajaran Blanded Learning prestasi peserta didik meningkat sebanyak 3 point yaitu 72,3. Peningkatan hasil prestasi peserta didik yang telah dicapai dapat diambil kesimpulan yaitu dengan menggunakan  model pembelajaran Blanded Learning  dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas 9 D SMP Negeri 1 Bintan.

Kata Kunci : Pandemi, Blanded Learning,Prestasi Siswa

Referensi

Abdurrahman, Mulyono. 1999. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ali, M.S. 2002. Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Beberapa faktor Psikologis. Disertasi. IKIP Jakarta.

Alien, Deborah E. et al- 1996. The Power of Problem Based Learning in Teaching Introductory Science Courses. Jossey-Boss Publisher.

Amien, Moh. 1996. Perkembangan Intelektual Siswa SMP. Jurnal IlmuPendidikan. Jilid 3 No. 4. Jakarta : LPTK dan ISPI.

Anastasi, Anne. 1976. Psychological Testing. Fifth Edition. New York: Macmillan Publishing Co., Inc.

Anom. 2000. Profesionalisme Guru Fisika dalam Menghadapi Tantangan Era Global. Makalah. Disampaikan pada seminar dalam rangka HUT ke-36 Jurusan Fisika STKIP Singaraja pada 1 hari Minggu 5 Nopember 2000.

Arends, Richard I. 2004. Learning to Teach. Sixth Edition. New York: McGraw-Hill

Arief Furchan. 2004. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Pustaka Belajar: Yogyakarta.

Arikunto, Suharsimi. 1995. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arnyana, Ida Bagus Putu. 2004. Pengembangan Perangkat Model Belajar Berdasarkan Masalah Dipandu Strategi Kooperatif serta Pengaruh Implementasinya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Basil Belajar Siswa Sekolak Menengah Atas pada Pelajaran Ekosistem. Disertasi. UNM.

Azwar, Saifuddin. 1996. Pengantar Psikologi Inteligensi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, Saifuddin. 2001. Tes Prestasi. Y ogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, Saifuddin. 2003. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, Saifuddin. 2004. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007. Jakarta: BSNP.

Bakry, N.M. 1986. Logikci Praktis. Yogyakarta: Liberty.

Barbara J. Duch. 1995. Problem-based Learning in Physic:The Power of student Teaching Students. Journal College Taching Vol XXV.No.5 MAR/APR.

Barrows Howard. 1996. New Direction for Teaching and Learning "Problem-Based Learning in Medichine and Beyond; Abrief Overview". Jossey Bass Publishers.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-01-08

Cara Mengutip

Basyariah. (2022). MENINGKATKAN PRESTASI SISWA KELAS VII D DENGAN MENGGUNAKAN MODEL BLENDED LEARNING PADA MASA PANDEMI. Jermal, 2(2), 193–202. https://doi.org/10.31629/jermal.v2i2.3694