https://ojs.umrah.ac.id/index.php/jermal/issue/feed Jermal 2023-11-29T01:09:47+00:00 Redaktur Jermal jermal@umrah.ac.id Open Journal Systems <p>e-ISSN 2721-530X</p> <p>Diterbitkan oleh Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, UMRAH. Jurnal Jermal berkisar tentang pengajaran dan pengembangan bahasa dan sastra, bahasa, dan&nbsp; sastra Indonesia (ringkasan hasil penelitian atau telaah literatur) dan belum pernah diterbitkan baik di dalam maupun di luar negeri.</p> https://ojs.umrah.ac.id/index.php/jermal/article/view/6461 Kemahiran Berbahasa 2023-11-29T01:09:47+00:00 Maulida Mustado maulidamustado46@umrah.ac.id <p>Bahasa Indonesia</p> 2023-11-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jermal https://ojs.umrah.ac.id/index.php/jermal/article/view/4728 TOPONIMI KEMASYARAKATAN NAMA JALAN PULAU PENYENGAT 2022-08-24T07:19:41+00:00 Dessy Gucci Liana Dessy dessygucciliana6@gmail.com Legi Elfitra legi.elfitra@umrah.ac.id Ahada Wahyusari ahadawahyusari@umrah.ac.id Ahada Wahyusari ahadawahyusari@umrah.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mendeskripsikan toponimi aspek kemasyarakatan nama jalan pulau Penyengat. Objek penelitian ini adalah nama jalan pulau Penyengat yang didapatkan dari informan. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, perekaman, pencatatan, wawancara, dan pengalihan wacana. Teknik analisis data dilakukan analisis deskriptif. Hasil analisis data yang diperoleh dari toponimi kemasyarakatan nama jalan pulau Penyengat terdapat proses penamaan jalan berasal dari tokoh kemasyarakatan, yakni jalan Jalan Gurindam XII, Nahkoda Ninggal, Sambang, Panglima Bakak, Datuk Ibrahim dan dari kondisi masyarakat, yakni Jalan Kampung Datuk, alan Kampung Bulang, dan Jalan Kampung Ladi.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Kata kunci: Toponimi; Kemasyarakatan; Pulau Penyengat;</p> 2022-08-24T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Jermal https://ojs.umrah.ac.id/index.php/jermal/article/view/3689 ANALISIS PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING BAHASA INDONESIA KELAS IX SMP NEGERI 1 BINTAN 2022-09-09T10:00:38+00:00 Ninik Eka Widiastuty ninikwidiatuty96@guru.smp.belajar.id <p>Pandemi Covid 19 muncul di Indonesia pada awal tahun 2020. Pemerintah dengan cepat mengambil kebijakan agar siswa melaksanakan proses belajar mengajar dilakukan dari rumah secara daring atau online. Tentu saja ini dilakukan agar dapat memutus rantai penyebaran virus corona. Hal tersebut memiliki dampak perubahan pada dunia pendidikan. Biasanya pendidik melaksanakan proses belajar mengajar dengan tatap muka, kini berbeda. Proses belajar mengajar dilaksankan dari jauh secara daring atau online. Pendidik tentunya mulai merancang strategi untuk proses belajar mengajar secara daring &nbsp;dapat berjalan dengan lancar. Pada mata pelajaran bahasa Indonesia biasanya pendidik merancang metode diskusi agar siswa dapat aktif dan bekerja sama dalam memecahkan sebuah masalah dengan cepat. Berbeda dengan saat sekarang, pendidik harus merancang strategi pembelajaran agar siswa dapat aktif ketika belajar walupun pembelajaran dilaksanakan secara daring. Pembelajaran bisa dilakukan melalui grup whatsaap, googleclassroom, googgle meet ataupun melalui zoom meeting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas pembelajaran daring pada mata pelajaran bahasa Indonesia.&nbsp; Metode penelitian ini adalah analisis kuantitatif yang bersifat survei dengan memaparkan angket. Data analisis persentase setiap indikator yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran daring mata pelajaran bahasa Indoesia di SMP Negeri 1 Bintan adalah berada pada kategori sedang.</p> <p>&nbsp;</p> 2022-09-08T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Jermal https://ojs.umrah.ac.id/index.php/jermal/article/view/4864 ANALISIS KEBUTUHAN PEMBELAJARAN MEMBACA KRITIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 15 PADANG 2022-11-03T10:06:21+00:00 Rina Anjarwati rhinnhanha@gmail.com Silvia Marni marnisilvia85@gmail.com Rina Sartika rinasartika@gmail.com <p>Abstrak<br>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesenjangan pendidikan di sekolah, terutama pada sekolah penggerak yang seharusnya dapat mencapai tujuan belajar yang maksimal terkait literasi dan numerasi sesuai dengan AKM sekolah penggerak yaitu kebutuhan siswa terhadap pembelajaran membaca kritis, dalam hal ini analisis kebutuhan guru juga dipertimbangkan guna mengatasi kesenjangan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis kebutuhan pembelajaran membaca kritis baik kebutuhan siswa maupun kebutuhan guru. Metodologi penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif karena berusaha untuk menggambarkan kebutuhan belajar siswa khususnya pada penguasaan pengetahuan baru yaitu pembelajaran membaca kritis. Berdasarkan hasil analisis data, maka diperoleh 75% siswa dan 80% guru membutuhkan sumber pembelajaran membaca kritis, 76% siswa dan 83% guru membutuhkan media pembelajaran membaca kritis, serta 57% siswa dan 75% guru membutuhkan metode pembelajaran membaca kritis.<br>Kata Kunci : analisis, kebutuhan pembelajaran, membaca kritis</p> 2022-10-09T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Jermal https://ojs.umrah.ac.id/index.php/jermal/article/view/4747 FAKTOR-FAKTOR MOBILITAS SOSIAL DALAM NOVEL SURGA YANG TAK DIRINDUKAN 2 KARYA ASMA NADIA 2022-11-03T13:01:28+00:00 Eka Putra Prasetyo Eka ep200100@gmail.com Ahada Wahyusari ahadawahyusari@umrah.ac.id Legi Elfitra legi.elfitra@umrah.ac.id <p>Penelitian ini membahas mobilitas sosial yang terdapat dalam karya sastra novel yang berjudul&nbsp; Surga yang Tak Dirindukan 2 Karya Asma Nadia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu simak dan catat. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Hasil analisis data yang diperoleh dari novel Surga yang Tak Dirindukan 2 Karya Asma Nadia ditinjau dari mobilitas sosialnya terdapat faktor-faktor yang memengaruhi mobilitas sosial yakni aspek pendidikan, latar belakang keluarga, kesempatan, dan modal sosial. Keempat aspek tersebut ditemukan di dalam novel pada dialog langsung dan tidak langsung juga narasi cerita yang mengembangkan alur cerita.</p> <p>&nbsp;</p> 2022-11-03T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Jermal