PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PjBL-STEM TERHADAP HASIL BELAJAR KOLOID
DOI:
https://doi.org/10.31629/zarah.v11i2.5114Keywords:
hasil belajar, koloid, PjBL-STEMAbstract
Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran PjBL-STEM terhadap hasil belajar koloid siswa kelas XI IPA. Jenis penelitian yang dilakukan ialah quasi experimental design dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI IPA di MAN 1 Banjarmasin tahun ajaran 2021/2022, terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling. Data hasil belajar kognitif dikumpulkan melalui tes pilihan ganda sebanyak dua puluh nomor dengan lima pilihan jawaban dan dianalisis menggunakan uji mann whitney. Hasil uji mann whitney diperoleh nilai asymp. sig. (2-tailed) sebesar 0,035 < 0,05, artinya ada pengaruh model pembelajaran PjBL-STEM terhadap hasil belajar koloid siswa kelas XI IPA di MAN 1 Banjarmasin.
References
Ardiansyah, R., Diella, D., & Suhendi, H. Y. (2020). Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Abad 21 dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis STEM Bagi Guru IPA. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(1), 31-36.
Ardianti, S. D., Pratiwi, I. A., & Kanzunnudin, M. (2017). Implementasi Project Based Learning (PjBL) Berpendekatan Science Edutainment terhadap Kreativitas Peserta Didik. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2).
Awi, A., Meiliawati, R., & Wahyutami, S. (2020). Pemahaman Konsep Sistem Koloid Hasil Pembelajaran Menggunakan Metode Diskusi Berbantuan LKS Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Manuhing Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 11(1), 51-62.
Furi, L. M. I., Handayani, S., & Maharani, S. (2018). Eksperimen Model Pembelajaran Project Based Learning dan Project Based Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa pada Kompetensi Dasar Teknologi Pengolahan Susu. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 49-60.
Hasanah, H., Wirawati, S. M., & Sari, F. A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis STEM Pada Materi Bangun Ruang. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 91-100.
Izzah, N., & Mulyana, V. (2021). Meta Analisis Pengaruh Integrasi Pendidikan STEM dalam Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 7 (1).
Lubis, A. W. (2017). Perbandingan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Mengajar Deduktif dan Model Mengajar Induktif Pada Materi Pokok Sistem Koloid di Kelas XI IPA SMA Negeri 13 Medan. Keguruan, 5(1), 1-8.
Lutfi, L., Ismail, I., & Azis, A. A. (2018). Pengaruh Project Based Learning Terintegrasi STEM terhadap Literasi Sains, Kreativitas dan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya, 189-194.
Nadliyah, A., Taufiq, M., Hidayat, M. T., & Kasiyun, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA. Natural Science Education Reseach, 2(1), 33-39.
Octaviyani, I., Kusumah, Y. S., & Hasanah, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Project-Based Learning dengan Pendekatan STEM. Journal on Mathematics Education Research, 1(1), 10-14.
Permatasari, A. I., Mulyani, B., & Nurhayati, N. D. (2014). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Joyful Learning dengan Metode Pemberian Tugas terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Koloid Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Simo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 3(1), 117-122.
Purwaningsih, E., Sari, A. M., Yuliati, L., Masjkur, K., Kurniawan, B. R., & Zahiri, M. A. (2020). Improving the Problem-Solving Skills Through the Development of Teaching Materials with STEM-PjBL (Science, Technology, Engineering, and Mathematics-Project Based Learning) Model Integrated with TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge). Journal of Physics: Conference Series, 1481(1).
Saftari, M., & Fajriah, N. (2019). Penilaian Ranah Afektif dalam Bentuk Penilaian Skala Sikap untuk Menilai Hasil Belajar. Edutainment: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan, 7(1), 71-81.
Saputra, B., & Sujarwanta, A. (2021). Transformasi Pembelajaran Berbasis Proyek Science, Technology, Engineering and Mathematics di Masa Pandemi Covid-19. BIOLOVA, 2(1), 1-8.
Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Tarbiyah Al-Awlad, 8(2), 107-117.
Sole, F. B., & Anggraeni, D. M. (2018). Inovasi Pembelajaran Elektronik dan Tantangan Guru Abad 21. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 2(1), 10-18.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Virgana, V. (2017). Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran dan Disiplin Belajar. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 273-282.
Wijayanto, T., Supriadi, B., & Nuraini, L. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Pendekatan STEM terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(3), 113-120.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Zarah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.