PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING CHEMFUN BERORIENTASI HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILL) PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA
DOI:
https://doi.org/10.31629/zarah.v11i1.4838Keywords:
Media, Mobile Learning, HOTS (Higher Order Thinking Skill), Larutan PenyanggaAbstract
Pada era Industri 4.0 teknologi berkembang begitu pesat, menghadirkan banyak perubahan termasuk pada sektor pendidikan. Strategi pembelajaran bergeser menjadi berorientasi kepada Higher Order Thinking Skills. Peran media pembelajaran digital menjadi kian esensial. Kehadirannya membantu peserta didik memahami pelajaran kapan dan dimana saja. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu dihasilkannya media mobile learning berorientasi HOTS yang tervalidasi dan dapat digunakan secara efektif dalam pembelajaran kimia pada kelas XI SMA. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian dan Pengembangan (Research and Development), mengadaptasi model pengembangan Lee and Owens. Produk dibuat menggunakan website MIT App Inventor. Validasi oleh ahli materi dan ahli media mendapatkan hasil yang sangat baik, begitupun dengan penilaian guru kimia juga memperoleh kategori sangat baik. Subjek penelitian yakni peserta didik dari SMA Adhyaksa 1 Jambi kelas XI MIPA 2. Respon peserta didik skala kecil memperoleh persentase kelayakan sebesar 85% terkategori sangat baik dan pada skala besar yakni 89% terkategori sangat baik. Hasil paired t-test menerangkan bahwa hasil belajar kimia peserta didik sebelum menggunakan media mobile learning ChemFun berorientasi HOTS berbeda secara signifikan dengan hasil belajar ketika telah menggunakan media.
References
Alfiria, Ekosusilo, M., Subiyantoro, S., & Haryanto. (2019). Pengembangan Media Mobile Learning pada Materi Stokiometri untuk Siswa Kelas X SMK Tamansiswa Sukoharjo. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 118–127.
Alviah, I., Susilowati, E., & Masykuri, M. (2020). Pengaruh Kemampuan Literasi Kimia terhadap Capaian Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa SMA Negeri 1 Sukoharjo pada Materi Larutan Penyangga dengan Pemodelan Rasch. Jurnal Pendidikan Kimia, 9(2), 121–130.
Chusni, M. M., Zakwandi, R., Ariandini, S., Aulia, M. R., Nurfauzan, M. F., & A, T. A. (2018). Appy Pie untuk Edukasi: Rancang Bangun Media Pembelajaran Berbasis Android. Yogyakarta: Media Akademi.
Farida, M. T., Kurniati, T., & Fitriani. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Buletin Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skill) pada Materi Laju Reaksi. Ar-Razi Jurnal Ilmiah, 8(1), 9–15.
Lee, W. W., & Owens, D. L. (2004). Multimedia Based Instructional Design. Sanfrancisco: Pfeiffer.
Nurhalimah, S. R., Suhartono, & Cahyana, U. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android pada Materi Sifat Koligatif Larutan. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 7(1), 38–51.
Priatna, R., Pitriana, P., & Nuryantini, A. Y. (2022). Peningkatan HOTS Peserta Didik melalui Pembelajaran Fisika Berbasis App Inventor pada Materi Gelombang Berjalan. Jurnal WaPFi: Wahana Pendidikan Fisika, 7(1), 34–45.
Purnama, R. B., Sesunan, F., & Ertikanto, C. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android sebagai Suplemen Pembelajaran Fisika SMA pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung.
Putra, I. N. T. A., Kartini, K. S., & Widiyaningsih, N. N. (2019). Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Mobile pada Materi Hidrokarbon. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(2), 43–52.
Putra, R. S., Wijayati, N., & Mahatmanti, F. W. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2).
Rorita, M., Ulfa, S., & Wedi, A. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Mobile Learning Pokok Bahasan Perkembangan Teori Atom Mata Pelajaran Kimia Kelas X SMA Panjura Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran, 4(2), 70–75.
Rosalina, M., Wahyuningtyas, A., & Bisai, M. R. H. (2019). Pengembangan Aplikasi Samba Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Asam Basa. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 2(2), 178–183.
Rusdi, M. (2019). Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan (Konsep, Prosedur dan Sintesis Pengetahuan Baru). Depok: Rajawali Pers.
Syaputrizal, N., & Jannah, R. (2019). Media Pembelajaran Fisika Berbasis Media Pembelajaran Fisika Berbasis Mobile Learning pada Platform Android Menggunakan Aplikasi App Inventor untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 5(1), 800–809.
Wijaya, R., Suratno, S., & Budiyono, H. (2021). Pengembangan Media Mobile Learning Berbasis Aplikasi Android pada Materi Sistem Pengapian Sepeda Motor. JIMT: Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4).
Yektyastuti, R., & Ikhsan, J. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Kelarutan untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 88–99.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Zarah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.