PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA MAHASISWA MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBASIS KONTEKSTUAL

Authors

  • Nurhamidah Nurhamidah Universitas Bengkulu
  • Rina Elvia Universitas Bengkulu
  • Nadia Amida Universitas Bengkulu
  • Della Novri Yanti Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31629/zarah.v9i2.2916

Keywords:

Inkuiri Terbimbing, Konstektual, Handout, Hasil Belajar

Abstract

Pembelajaran kimia seringkali dianggap susah oleh sebagian mahasiswa, karena materinya banyak bersifat abstrak, hitungan dan konsep-konsep yang harus dipahami dengan baik. Untuk menunjang proses pembelajaran supaya menarik dan mudah dipahami dibutuhkan model pembelajaran yang  tepat sehingga materi tersampaikan dengan baik. Tujuan dari Penelitian ini untuk melihat hasil belajar setelah menerapkan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Kontekstual pada materi Stoikiometri. Penelitian ini dilakukan kepada mahasiswa baru Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu, semester I angkatan 2020/2021. Hasil belajar dilihat melalui tes kognitif berupa posttest pada setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil analisis data postes setiap siklus, menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar dimana nilai rata-rata, dan ketuntasan belajar klasikal siklus I adalah 51.92 dan 2.86 %, siklus II menjadi 72,5  dan 48.57 % dan siklus III naik menjadi 84.85 dan 94.29 %. Hasil ini menunjukkan pada siklus III pembelajaran sudah tuntas, dimana nilai rata-rata yang diperoleh telah ≥ 75 dan ketuntasan belajar klasikal sudah diatas 80 % yaitu 94.29 %.

References

Adriani, N. dan Silitonga, F.S. 2017. Pengembangan Modul Ajar Kimia Unsur Berbasis Inkuiri Terbimbing Fase Development Untuk Mahasiswa Pendidikan Kimia. Jurnal Zarah. 5(2): 44-47.

Amilasari, A. & Sutiadi, A. 2008, Peningkatan Kecakapan Akademik Siswa SMA dalam Pembelajaran Fisika melalui Penerapan Inkuiri Terbimbing, Jurnal Pengajaran MIPA, FMIPA UPI, (Online), 12(2).

Arikunto, Suharsimi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. ISBN: 979-526-259-9.

Arisna Oktavia Dijaya, Ratih Pitasari dan Siti Kurniasih. 2018. Penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk meningkatkan ketrampilan proses sains siswa pada konsep larutan elektrolit dan nonelektrolit. Jurnal Tadris Kimiya. 3(2): 190 – 198.

Baroro, Ulfa, A,. Rachman, I. dan Effendi. 2018. Validitas Modul Kimia Materi Sistem Koloid Berbasis Problem Based Learning (PBL) sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas XI. Jurnal Pendidikan Kimia. Vol. 7(1). ISSN: 2656-3061.

IsnaMutaqwiyati,. Nurhamidah dan Amir, H.2018. Penerapan model pembelajaran problem Base dinstruction (Pbi) dengan Menggunakan Media Audio-Visual Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil belajar siswa Di SMAN 09 Kota Bengkulu. Alotrop, Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia. 2(2): 184-190.

Kurniawati, I.D., Wartono, Diantoro, M. 2014, Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Integrasi Peer Instruction Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10 (2014), 36-46.

Nadia Amida, F.M. Titin Supriyanti dan Liliasari. 2018. Eksperimen Kinetika Enzim Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Ketrampilan Berfikir Kreatif Mahasiswa. Alotrop, Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia. 2(1): 72 – 77.

Prayitno. 2009. Dasar Teori dan Praktis Pendidikan. Jakarta: GRASINDO

(ISBN. 9789790259638).

Risnawati, Iriwi, L.S.S., Irfan, Y., Sri, W.W. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik di SMK Negeri 02 Manokwari, Lectura: Jurnal Pendidikan, 8(1), 12 – 25.

Slameto, U. 2006. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. ISBN: 978-602-217-399-1.

Sunaringtyas, K., Saputra, S., Masykuri, M. 2015, Pengembangan Modul Kimia Berbasis Masalah pada Materi Konsep Mol Kelas X SMA/MA sesuai Kurikulum 2013, Jurnal Inkuiri, 4(2), 36-46.

Warsono, H. & Hariyanto, M.S. 2012. Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2021-10-29