PENGEMBANGAN E-MODULE INTERAKTIF CHEMISTRY MAGAZINE BERBASIS KVISOFT FLIPBOOK MAKER PADA MATERI LAJU REAKSI
DOI:
https://doi.org/10.31629/zarah.v8i1.1352Keywords:
E-module interaktif chemistry magazine, Kvisoft Flipbook Maker, Model Pengembangan Plomp, Laju ReaksiAbstract
E-Module Interaktif adalah salah satu kebutuhan utama agar proses pembelajaran terlaksana secara efektif dan dapat di gunakan sebagai bahan belajar mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-module interaktif chemistry magazine berbasis kvisoft flipbook maker yang valid berdasarkan aspek substansi isi, desain pembelajaran, tampilan (komunikasi visual), dan pemanfaatan software untuk digunakan dalam pembelajaran kimia SMA kelas XI pada materi laju reaksi. Penelitian dirancang menggunakan desain penelitian dan pengembangan (R & D) dengan model pengembangan Plomp, yang terdiri dari fase investigasi awal, fase desain, fase realisasi/kontruksi, fase validasi, uji coba, revisi, dan fase implementasi. Instrumen penelitian berupa lembar validasi dan kuesioner untuk tim validator, responden guru, dan peserta didik. Aspek penilaian meliputi Subtansi isi, desain pembelajaran, tampilan (komunikasi visual) dan pemanfaatan software. Hasil akhir dari penelitian di dapatkan nilai keseluruhan validasi dengan persentase skor 93,1% termasuk kedalam kriteria Valid. Skor respon pengguna oleh guru dan peserta didik masing-masing adalah 93% dan 87,5% dengan kriteria sangat baik.
References
Daryanto. (2013). Menyusun Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Gava Media. Yogyakarta.
Direktorat Pembinaan SMA. (2010). Panduan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis TIK. Kementrian Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.
Gunadarma, Anandha. (2011). Pengembangan Modul Elektronik Sebagai Sumber Belajar Untuk Mata Kuliah Multimedia Design. Skripsi tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Jakarta.
Habibi, Bayu. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Multimedia Menggunakan kvisoft Flipbook Maker Berbasis Etomatematika. Skripsi tidak dipublikasikan. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Lampung
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Silabus Mata Pelajaran Kimia Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA). Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Silabus Mata Pelajaran Kimia Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA). Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta
Linda, Roza, dkk. (2018). Interactive E-Module Development throught Chemistry Magazine on Kvisoft Flipbook Maker Application for Chemistry Learning in Second Semester at Second Grade Senior High School. Jurnal of Science Learning 2 (1): 21-25. Universitas Riau. Pekanbaru
Majid, Abdul. (2011). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru Cetakan ke-8. Remaja Rosdakarya Offset. Bandung.
Nurpratami, Handini., Farida Ch,Ida,. Helsy, Imelda. (2015). Pengembangan Bahan Ajar pada Materi Laju Reaksi Berorientasi Multipel Representasi Kimia. Prosiding Simposium Nasional dan Inovasi Pembelajaran Sains 2015 (SNIPS 2015). Bandung
Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal Kreano ISSN: 2086-2334. Jurusan Matematika FMIPA UNNES, 3(1). Semarang.
Sanjaya, Wina. (2011). Perencanan Dan Desain Sistem Pembelajaran Edisi Pertama, Cetakan Ke-4. Kencana. Jakarta. www.kvisoft.com (diakses 13 september 2018)
Watoni, A Haris. (2014). Kimia Untuk SMA/MA Kelas XI (Peminatan). Yrama Widya. Bandung
Yamasari, Yuni. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT yang Berkualitas. Seminar Nasional Pascasarjana X-ITS ISBN No. 979-545-0270-1. FMIPA UNESA. Surabaya.