Margin Pemasaran Ikan Pari Mondol (Himantura gerrardi) di Kelurahan Kawal Kabupaten Bintan
Kata Kunci:
Marketing Efficiency, Marketing Channel, Margin, StingrayAbstrak
Penelitian bertujuan untuk mengetahui 1) saluran pemasaran ikan pari mondol; dan 2) margin pemasaran ikan pari mondol. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kombinasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat empat saluran pemasaran yaitu: 1) Nelayan- Konsumen; 2) Nelayan-Tengkulak-Konsumen; 3) Nelayan - Tengkulak - Pedagang Pengumpul - Konsumen; 4) Nelayan - Tengkulak - Pedagang Pengecer - Konsumen. Margin pemasaran pada saluran pemasaran berbeda-beda di setiap saluran pemasaran.
Referensi
Lestari, D. P., Bambang, A. N., Kurohman, F. 2017. Analisis Faktor-Faktor Yangmempengaruhi Harga Ikan Kakatua (Scarus Sp) di Pulau Panggang, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Journal of Fisheries Resources Utilization Management and Technology. 6(4): 215-223.
Nasikh, N., Sumarsono, H., Sayono, J., Ghazali, M. A. I., Yunani, Y., Jayanti, L. 2021. Analisis Margin Pemasaran Komoditas Tambak Air Payau Skala Tradisional Plus di Pasuruan, Jawa Timur. Buletin Ilmiah Marina Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan. 7(1): 71-82.
Rofyandi, M. Y. & Amri, A. 2019. Analisa Usaha Dan Pemasaran Emping Melinjo Di Kecamatan Mutiara Kabupaten Pidie. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Pembangunan. 4(1): 48-58.
Selan, D. M. & Nubatonis, A. 2016. Margin Pemasaran Ikan di Kecamatan Insana Utara Kabupaten Timor Tengah Utara. Agrimor. 1(03): 63-64.
Septiara, I., Maulina, I., Buwono, I. D. 2012. Analisis Pemasaran Ikan Mas Koki (Carassius auratus) di Kelompok Pembudidaya Ikan Kalapa Ciung Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang. Jurnal Perikanan Kelautan. 3(3).