Margin Pemasaran Ikan Pari Mondol (Himantura gerrardi) di Kelurahan Kawal Kabupaten Bintan
Marketing Margin of Stingray Mondol (Himantura gerrardi) in Kawal Village, Bintan Regency
DOI:
https://doi.org/10.31629/jm.v2i2.4057Kata Kunci:
Marketing Efficiency, Marketing Channel, Margin, StingrayAbstrak
Penelitian bertujuan untuk mengetahui 1) saluran pemasaran ikan pari mondol; dan 2) margin pemasaran ikan pari mondol. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kombinasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat empat saluran pemasaran yaitu: 1) Nelayan- Konsumen; 2) Nelayan-Tengkulak-Konsumen; 3) Nelayan - Tengkulak - Pedagang Pengumpul - Konsumen; 4) Nelayan - Tengkulak - Pedagang Pengecer - Konsumen. Margin pemasaran pada saluran pemasaran berbeda-beda di setiap saluran pemasaran.
Referensi
Bappeda Provinsi Kepulauan Riau. 2016. Sektor Perikanan Potensi Daerah
Lestari, D. P., Bambang, A. N., Kurohman, F. 2017. Analisis Faktor-Faktor Yangmempengaruhi Harga Ikan Kakatua (Scarus Sp) di Pulau Panggang, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Journal of Fisheries Resources Utilization Management and Technology. 6(4): 215-223.
Nasikh, N., Sumarsono, H., Sayono, J., Ghazali, M. A. I., Yunani, Y., Jayanti, L. 2021. Analisis Margin Pemasaran Komoditas Tambak Air Payau Skala Tradisional Plus di Pasuruan, Jawa Timur. Buletin Ilmiah Marina Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan. 7(1): 71-82.
Rofyandi, M. Y. & Amri, A. 2019. Analisa Usaha Dan Pemasaran Emping Melinjo Di Kecamatan Mutiara Kabupaten Pidie. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Pembangunan. 4(1): 48-58.
Selan, D. M. & Nubatonis, A. 2016. Margin Pemasaran Ikan di Kecamatan Insana Utara Kabupaten Timor Tengah Utara. Agrimor. 1(03): 63-64.
Septiara, I., Maulina, I., Buwono, I. D. 2012. Analisis Pemasaran Ikan Mas Koki (Carassius auratus) di Kelompok Pembudidaya Ikan Kalapa Ciung Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang. Jurnal Perikanan Kelautan. 3(3).
Lestari, D. P., Bambang, A. N., Kurohman, F. 2017. Analisis Faktor-Faktor Yangmempengaruhi Harga Ikan Kakatua (Scarus Sp) di Pulau Panggang, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Journal of Fisheries Resources Utilization Management and Technology. 6(4): 215-223.
Nasikh, N., Sumarsono, H., Sayono, J., Ghazali, M. A. I., Yunani, Y., Jayanti, L. 2021. Analisis Margin Pemasaran Komoditas Tambak Air Payau Skala Tradisional Plus di Pasuruan, Jawa Timur. Buletin Ilmiah Marina Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan. 7(1): 71-82.
Rofyandi, M. Y. & Amri, A. 2019. Analisa Usaha Dan Pemasaran Emping Melinjo Di Kecamatan Mutiara Kabupaten Pidie. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Pembangunan. 4(1): 48-58.
Selan, D. M. & Nubatonis, A. 2016. Margin Pemasaran Ikan di Kecamatan Insana Utara Kabupaten Timor Tengah Utara. Agrimor. 1(03): 63-64.
Septiara, I., Maulina, I., Buwono, I. D. 2012. Analisis Pemasaran Ikan Mas Koki (Carassius auratus) di Kelompok Pembudidaya Ikan Kalapa Ciung Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang. Jurnal Perikanan Kelautan. 3(3).