IMPLEMENTASI ELECTRONIC GOVERNANCE MELALUI APLIKASI LAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN ONLINE RAKYAT DI KABUPATEN KARAWANG

  • Praditha Yaniarti Eka Pratiwi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Mayasari Mayasari Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Kariena Febriantin Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Electronic Governance, Implementasi, Pemerintah.

Abstract

Langkah pemerintah dalam mewujudkan kepemerintahan yang baik atau Good Governance yaitu dengan menerapkan sistem Electronic Governance. Electronic Governance ialah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya. Selain itu penggunaan teknologi informasi dan komunikasi juga memiliki perkembangan yang cukup luas, berpengaruh dengan kehidupan sehari-hari sehingga tidak dapat dipisahkan, serta banyak diterapkan dalam berbagai bidang kehidupan manusia, termasuk dalam praktik pemerintahan. Bentuk wujud dari Electronic Governance yang dibuat oleh pemerintah adalah sebuah aplikasi bernama Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) yang digunakan sebagai wadah bagi masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Kabupaten Karawang dalam menyampaikan keluhan dan aspirasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi dan penerapan Electronic Governance di Kabupaten Karawang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif, selanjutnya kajian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang difokuskan pada upaya yang dilakukan oleh lembaga/instansi di Kabupaten Karawang dalam mengimplementasikan sistem Electronic Governance.

References

Advisor, T. C. (2001). The California Legislature’s Nonpartisan Fiscal and Policy Advisor.

Kurnianingsih, F., Mahadiansar, M., & Setiawan, R. (2020). Implementation Processes of Social Protection Policy in Indonesia: Study of Prakerja Card Program. Journal of Governance and Public Policy, 7(3).

McLean, D. (2003). Model of Information System Success: A Ten-Years Update. Vol 19.

Sorin, K. (2003). Cost-Benefit Analysis of e-government Investments.

Mursalim, S. W. (2018). Analisis Manajemen Pengaduan Sistem Layanan Aspirasi Pengaduan. Vol 15.

Published
2021-01-12
How to Cite
Yaniarti Eka Pratiwi, P., Mayasari, M., & Febriantin, K. (2021). IMPLEMENTASI ELECTRONIC GOVERNANCE MELALUI APLIKASI LAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN ONLINE RAKYAT DI KABUPATEN KARAWANG. KEMUDI : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 5(01), 77-97. https://doi.org/10.31629/kemudi.v5i01.2406