THE COMMUNITY PARTICIPATION DALAM MENJAGA KAWASAN HUTAN DI PROVINSI RIAU

  • Rahyunir Rauf Universitas Islam Riau
  • Zainal Zainal Universitas Islam Riau
  • Data Wardana Universitas Islam Riau
  • Sri Maulidiah Universitas Islam Riau
Keywords: Partisipasi Publik, Kerusakan Lingkungan

Abstract

Secara empiris kita dapat amati begitu banyaknya persoalan kehutanan yang terjadi di Provinsi Riau mulai dari kebakaran hutan, illegal loging serta mengganti fungsi hutan itu sendiri ke dunia bisnis sehingga hutan hanya ditumbuhi pohon akasia dan sawit. Persepsi publik di Indonesia menganggap bahwa Provinsi Riau merupakan Provinsi yang kaya raya akan tetapi tidak demikian faktanya ini terlihat dari masih banyaknya masyarakat Riau yang hidup dengan kondisi miskin. Kajian ini bertujuan untuk menelaah secara mendalam tentang community participation dalam menjaga kawasan hutan yang ada di Provinsi Riau. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe deskriptif serta pengumpulan data dilakukan dengan kajian literature review dari jurnal-jurnal yang sudah publish. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kehadiran perusahaan di tengah-tengah masyarakat sama sekali tidak mendatangkan manfaat apapun kepada masyarakat yang tinggal di sekitaran kawasan konsesi maupun di sekitaran kawasan perusahaan sawit yang begitu banyak di Provinsi Riau. Kemudian baik langsung ataupun tidak langsung dunia usaha dan pemerintah merupakan aktor yang berkontribusi terhadap kerusakan hutan yang ada di Provinsi Riau. Peneiltian ini disimpulkan bahwa community participation yang ada di Provinsi Riau tidak bisa terlalu banyak berkontribusi dalam menjaga kawasan hutan secara komprehensif karena semua kewenangan bidang kehutanan berada di Pemerintah Pusat. Saran ini yaitu pemerintah harus lebih serius dan fokus dalam menjaga kawasan hutan dari pengrusakan yang terjadi di Provinsi Riau dan jangan bernegosiasi dengan swasta. 

References

Agusti, R. 2012. “Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran Terhadap Kinerja Aparatur Pemerintah Daerah Dengan Dimoderasi Oleh Variabel Desentralisasi Dan Budaya Organisasi ( STUDI KASUS PADA PEMERINTAH KABUPATEN BENGKALIS ).” Jurnal Ekonomi Universitas Riau.

Akbar, Muh. Firyal, Srihandayani Suprapto, and Surati Surati. 2018. “Partisipasi Masyarakat Dalam Perencanaan Pembangunan Di Desa Jatimulya Kabupaten Boalemo.” Publik : (Jurnal Ilmu Administrasi).

Erman I. Rahim. 2004. “PARTISIPASI DALAM PERSPEKTIF KEBIJAKAN PUBLIK.” Perspektif kebijakan publik.

Hernawati, D. 2013. “Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah Berbasis 3R (Reduce, Reuse Dan Recycle) (Studi Pada Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu Di Desa Mulyoagung Kecamatan DAU Kabupaten Malang).” Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya.

Janelle Plummer and John G Taylor, 2004. Community Participation in China Issues and Processes for Capacity Building. Typesetting by Long House, Cumbria UK Printed and bound in the UK by Cromwell Press Ltd

Larasari, Endang. 2008. “REFORMASI PELAYANAN PUBLIK (PUBLIC SERVICES REFORM) DAN PARTISIPASI PUBLIK.” DIALOGUE.

Lubis, Asri. 2009. “Upaya Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan.” Jurnal Tabularasa PPS UNIMED.

Magriasti, Lince. 2011. “Arti Penting Partisipasi Masyarakat Dalam Kebijakan Publik Di Daerah : Analisis Dengan Teori Sistem David Easton.” Proceeding Simposium Nasional Otonomi Daerah 2011.

Nurmalita, Novatiani dan. 2000. “Pengaruh Akuntabilitas Publik, Partisipasi Masyarakat Dan Transparasi Kebijakan Publik Terhadap Pengawasan Keuangan Daerah ( Apbd ) Di Dprd Kota Bandung.” Universitas Widyatama.

Nuring Septyasa Laksana. 2013. “Bentuk-Bentuk Partisipasi Masyarakat Desa Dalam Program Desa Siaga Di Desa Bandung Kecamatan Playen Kabupaten Gunung Kidul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.” Kebijakan dan Manajemen Publik.

Pribadiningtyas, D. 2013. “Partisipasi Masyarakat Dalam Rehabilitasi Hutan Mangrove (Studi Tentang Peran Pemerintah Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Untuk Rehabilitasi Hutan Mangrove Di Badan Lingkungan Hidup Kota Probolinggo).” Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya.

Sagita, Novie Indrawati. 2016. “PARTISIPASI WARGA MASYARAKAT DALAM PENILAIAN KINERJA KECAMATAN DI KOTA BANDUNG.” CosmoGov.

Sigalingging, Angelius Henry, and Warjio. 2014. “Partisipasi Masyarakat Dalam Perencanaan Pembangunan (Studi Kasus Pada Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi).” Jurnal Administrasi Publik.

Turner, J.S., & Hulme, D.B. 1997. Lifespan development (5th Ed). Orlando: Holt, Rineheart and Winston, Inc.

Wolenberg dkk, 2009. Desentralisasi Tata Kelola Hutan Politik, Ekonomi, dan Perjuangan Untuk Menguasai Hutan di Kalimantan Indonesia. Harapan Prima; Jakarta.

Published
2021-01-12
How to Cite
Rauf, R., Zainal, Z., Wardana, D., & Maulidiah, S. (2021). THE COMMUNITY PARTICIPATION DALAM MENJAGA KAWASAN HUTAN DI PROVINSI RIAU. KEMUDI : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 5(01), 60-76. https://doi.org/10.31629/kemudi.v5i01.2369