Pengaruh Kompetensi dan Perilaku Kerja Terhadap Kinerja Pemeriksa di Inspektorat Kabupaten Bangka

  • Hattami Amar Sekolah Tinggi Ilmu Sosial Politik Pahlawan 12 Bangka
  • Zakiyudin Fikri Sekolah Tinggi Ilmu Sosial Politik Pahlawan 12 Bangka
Keywords: Kompetensi, Perilaku kerja, Kinerja, Pemeriksa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari kompetensi terhadap kinerja Pemeriksa, Perilaku kerja terhadap kinerja Pemeriksa dan pengaruh antara kompetensi dan Perilaku kerja terhadap kinerja Pemeriksa  di Inspektorat Kabupaten Bangka. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif yang bersifat kausaldengan menggunakan metode survey. Subyek dan lokasi penelitian adalah 20 orang pemeriksa di Inspektorat Kabupaten Bangka. Uji reliabilitas dan validitas dilakukan untuk melihat valid atau tidaknya kuesioner penelitian. Uji F dilakukan untuk mengetahui apakah variabel bebas secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel tak bebas dan uji t dilakukan untuk mengetahui apakah variabel bebas secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel tak bebas. Metode analisis data adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan regresi sederhana dan regresi berganda.Hasil penelitian menunjukkan; terdapat pengaruh variabel kompetensi terhadap kinerja Pemeriksa  di Inspektorat Kabupaten Bangka sebesar 65,2%, kompetensi merupakan gabungan dari faktor sikap, pengetahuan dan kemampuan. Sikap yang menjadi faktor dominan yang disebabkan pengalaman dan pendidikan juga oleh adanya kewenangan lembaga. Terdapat pengaruh variabel perilaku kerja terhadap kinerja Pemeriksa di Inspektorat Kabupaten Bangka sebesar 64,4%, perilaku kerja mencakup keterlibatan kerja, semangat dan kegairahan kerja, daya inisiatif kerja, serta keterikatan terhadap organisasi. Keterlibatan kerja merupakan pendukung utama perilaku kerja yang disebabkan oleh masa kerja yang cukup lama dan pendidikan serta adanya perintah tugas yang terstruktur.   Terdapat pengaruh variabel kompetensi dan Perilaku kerja secara bersama-sama terhadap kinerja Pemeriksa di Inspektorat Kabupaten Bangka sebesar 68,2%, kompetensi merupakan faktor yang berpengaruh sangat dominan terhadap kinerja pemeriksa di Inspektorat Kabupaten Bangka.

References

ArmArmstrong, M. 1994. Performance Management. Yogyakarta: Tugu Publisher.
Atmadinata, A & Sinamo, J. 1984. Teologi kerja modern dan Etos kerja. Jakarta:

Boyatzis, E. 1982. The Competent Manager A Model for effective performance. New York: John Wiley & Sons.

Cochran, W . 1991. Teknik Penarikan Sampel. Boston: Harvard University.
Dharma, S. 2005. Manajemen kinerja, Falsafah Teori dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hutapea, P & Thoha, N (2008). Kompetensi Plus,Teori, Desain, Kasus, dan penerapan untuk HR dan Organisasi yang Dinamis,Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Mangkunegara AP. 2006. Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: Refika Aditama.
Miller, L, Rankin, N, and Neathey, F. 2001. Competency Frame Works in UK Organizations. London: CIPD.

Mulyasa,E. 2003. Kurikulum berbasis kompetensi, konsep, karakteristik dan Implementasi. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Robbins, S. 2003. Perilaku Organisasi (terjemahan: Dr.Hadayana Pujaatmaka). Jakarta: Prenhalindo.

Santosa & Ashari. 2005. Statistik dengan Microsoft Excel dan SPSS. Jakarta: Kota.

Santoso, S. 2002. Latihan SPSS Statistik Parametrik. Jakarta: Elexmedia komputindo.

Spencer, L & Spencer, S. 1993. Competence at Work Models for Superior Performance 1 ed. NewYork: John Willey & Sons.

Sofo, F. 1999. Human Resource Development, Perspective, Roles and Practice Choice. NWS.Warriewood: Business and Profisional Publishing.
Siahaan, R. 2007. Pedoman Tatacara Pengawasan Atas Penyelenggaraan pemerintah Daerah (Permendagri No.23 Tahun 2007). Jakarta: CV.Novindo Pustaka Mandiri.

Sinamo, J & Santoso, A. 2002. Pemimpin kredibel, Pemimpin visioner. Jakarta: Institut Darma Mahardhika.
Published
2020-04-20
How to Cite
Amar, H., & Fikri, Z. (2020). Pengaruh Kompetensi dan Perilaku Kerja Terhadap Kinerja Pemeriksa di Inspektorat Kabupaten Bangka. KEMUDI : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 4(2), 275-291. https://doi.org/10.31629/kemudi.v4i2.1932