Inovasi Pelayanan Publik Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau Di Era Revolusi Industri 4.0

Authors

  • Agus Hendrayady Universitas Maritim Raja Ali Haji

Keywords:

Inovasi, Pelayanan Publik, Revolusi Industri 4.0

Abstract

Perkembangan teknologi yang cepat banyak menyebabkan gangguan, dimana gangguan ini tidak hanya muncul pada sektor swasta atau sektor private saja, tetapi juga telah merambah sampai kepada sektor pemerintah. Dengan demikian banyak hal yang harus dilakukan guna mengantisipasi perkembangan teknologi yang telah memasuki alaf baru yaitu alaf Revolusi Industri 4.0. Tahun 2018, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo telah meluncurkan road map “Making Indonesia 4.0â€. Road Map ini merupakan strategi nasional Indonesia dalam rangka menghadapi era Revolusi Industri 4.0. Dengan adanya Road Map ini secara tidak langsung membuat seluruh daerah-daerah di Indonesia harus mempersiapkan dirinya untuk menyelenggarakan pelayanan publik yang terbaik di era serba digital ini, demikian pula halnya dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau. Provinsi Kepulauan Riau yang merupakan salah satu wilayah perbatasan terutama dengan Singapura dan Malaysia tentunya akan merasakan betul Revolusi Industri 4.0 ini sehingga harus memberikan pelayanan publik yang maksimal. Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau telah meluncurkan produk-produk inovatif dalam memberikan pelayanan publik. Tulisan ini akan menjelaskan tentang produk-produk inovasi pelayanan publik di Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0.

 

 

References

Buku-buku

Ancok, Djamaludin, 2012, Psikologi Kepemimpinan dan Inovasi, Erlangga, Jakarta.

Suprapti, Wahyu, 2015, Inovasi Publik, Bahan Ajar Diklat Kepemimpinan Tingkat III, Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia, Jakarta.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1994, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Kedua, Balai Pustaka, Jakarta.

Data Internet

Bkpsdm.kepriprov.go.id/web/index.php/publikasi-1/artikel/413-gubernur-kepulauan-apresiasi-aplikasi-e-disiplin-bkpsdm.html. Diakses pada tanggal 15 Mei 2019.

http://id.wikipedia.org/wiki/Reka-baru. Diakses pada tanggal 15 Mei 2019.

https://kepriprov.go.id/home/berita/1447. Diakses pada tanggal 16 Mei 2019.

https://kepriprov.go.id/home/berita/1544. Diakses pada tanggal 16 Mei 2019.

https://temukanpengertian.blogspot.com/2013/09/pengertian-inovasi.html. Diakses pada tanggal 15 Mei 2019.

https://www.batamnews.co.id/berita-44007-pemprov-kepri-segera-luncurkan-aplikasi-simanja-apa-itu.html). Diakses pada tanggal 16 Mei 2019.

http://www.ombudsman.go.id/pengumuman/r/artikel-proyeksi-pelayanan-publik-era-4.0. Diakses pada tanggal 10 Mei 2019.

Imanuddin, Muhammad, https://rsam-bkt.sumbarprov.go.id/berita-261-inovasi-pelayanan-publik-percepatan-peningkatan-kualitas-pelayanan-publik.html. Diakses pada tanggal 17 Mei 2019.

Peraturan Perundang-undangan

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2014 tentang Pedoman Inovasi Pelayanan Publik.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2019 tentang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara, Dan Badan Usaha Milik Daerah.

Downloads

Published

2020-04-20

How to Cite

Hendrayady, A. . (2020). Inovasi Pelayanan Publik Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau Di Era Revolusi Industri 4.0. KEMUDI : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 4(2), 227–238. Retrieved from https://ojs.umrah.ac.id/index.php/kemudi/article/view/1900