Pemasaran Kebijakan Politik Luar Negeri Sebagai Diplomasi Presiden Jokowi Untuk Menarik Investor Asing di Indonesia

Authors

  • Baidawi Ahmad Universitas Jambi
  • Azarkasi Azarkasi Universitas Jambi

Keywords:

Marketing, Foreign Policy, Diplomacy, Foreign Direct Investment.

Abstract

This paper wants to explain about Foreign Policy Marketing as President Jokowi's diplomacy to attract foreign investors. As we know, the Indonesian state from a geographical aspect has a very large area consisting of hundreds or even thousands of islands and straits. But the extent of the Indonesian territory has not been balanced with economic development such as infrastructure in all regions of Indonesia. This study aims to analyze the policies of President Jokowi in inviting foreign investors to invest directly in Indonesia and see the effect of foreign direct investment on foreign direct investment (FDI) on economic growth in Indonesia. The method used in this research is Qualitative Descriptive. The results or findings of this study indicate that the Marketing of Foreign Political Policy conducted by President Jokowi to attract foreign investors in Indonesia is through the economic Diplomacy Way and providing legal certainty for Foreign Investors investing in Indonesia and Foreign Investment can improve Infrastructure in Indonesia.

References

Buku

Adam, Watson, 1984. The Dialogues between States, London, Methuem.

Coplin, William D, 1992. Pengantar Politik Internasional: Suatu Telaah

Teorities, CV.sinar baru: Bandung

Firmanzah, 2007. Marketing Politik Antara Pemahaman dan Realitas, Jakarta:

Yayasan Obor Indonesia.

Hatta, Mohammad, 1953. Dasar Politik Luar Negeri Republik Indonessia.

Jakarta: Tintamas.

Hara, Abubakar. 2010. “Pengantar Analisis Politik Luar Negeri (Dari Realisme

sampai Konstruktivisme)â€ÂÂ. Bandung: Nuansa.

Mas’oed, Mohtar, 1994. Ekonomi Politik Internasional dan Pembangunan,

Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Nursal, Adman., 2004. Political Marketing: Strategi Memenangkan Pemilihan

umum, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Newman, Bruce I., & Richard Perloff, 2004. Handbook Of Political

Communication Research, United States Of America: Lawrence Erlbaum Associates.

S. L, Roy, 1995, Diplomasi, PT Raja Grafindo persada: Jakarta Utara

Winarno, Budi, 2002. Teori dan Proses Kebijakan Publik. Media Pressindo:

yogyakarta.

Jurnal

Alami, Atiqah Nur, 2008. “Landasan dan Prinsip Politik Luar Negeri Indonesiaâ€ÂÂ,

dalam Genewati Wuryandari (ed). Politik Luar Negeri Indonesia di

Tengah Pusaran Politik Domestik, Jakarta: P2P LIPI dan Pustaka

Pelajar.

Jufrida,Firdaus,dkk.2016. Analisis Pengaruh Investasi Asing Langsung (FDI)

dan Invetasi Dalam Negeri Terhadap Pertumbuhan Ekonomi

Indonesia. Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam: Universitas Syiah

Kuala. Volume 2 Nomor 1.Maret 2016.

Jati. W. H. (2013). Memahami Globalisasi Sebagai Evolusi Kapitalismeâ€ÂÂ.

Jurnal Global dan Strategis Th. 7, No. 2. 2013.

RPJMN (Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Nasional) 2014-2019. Di

unduh pada bappenas.go.id. hal 13.

Tulus Tambunan, Daya Saing Indonesia Dalam Menarik Investasi Asing,

(dipaparkan pada seminar Bank Indonesia, 2007)

Yuniarti, Peran Negara dalam Industrialisasi di Malaysia dan Singapura 1970-

, tesis S2 (Yogyakarta: Program Pasca Sarjana FISIPOL HI

UGM, 2007), hal. 130.

Kementerian Luar Negeri, Laporan Kinerja Kementerian Luar Negeri, Tahun

_____________________, Laporan Kinerja Kementerian Luar Negeri Tahun

_____________________, Laporan Kinerja Kementerian Luar Negeri Tahun

Peraturan Perundang-Undangan

Undang-Undang Dasar Republik Indonesia No.22 Tahun 1999.

Undang-Undang Dasar Republik Indonesia No 25 tahun 1999.

Undang-Undang Dasar Republik Indonesia No. 25 Tahun 2007

Internet

Laksono Hari Wiwoho, Kompas “Harapan dipundak Diplomasiâ€ÂÂ, Lihat dalam: https://nasional.kompas.com/read/2014/11/17/20080381/Harapan.di.Pundak.Diplomasi?page=all diakses pada 12 April 2019

Kompas, dalam Kolom Hubungan Luar Negeri, “Diplomasi Blak-blakan ala Jokowiâ€ÂÂ, 17-11-14.

Visi misi Jokowi-JK..2014.“Jalan Perubahan Untuk Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian†diunduh pada: http://kpu.go.id/koleksigambar/VISI_MISI_Jokowi-JK.pdf. hal 6-7.

Downloads

Published

2019-09-08

How to Cite

Ahmad, B., & Azarkasi, A. (2019). Pemasaran Kebijakan Politik Luar Negeri Sebagai Diplomasi Presiden Jokowi Untuk Menarik Investor Asing di Indonesia. KEMUDI : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 4(1), 50–73. Retrieved from https://ojs.umrah.ac.id/index.php/kemudi/article/view/1307