Respon Komunitas Suku Asli/Laut menanggapi program-prorgram pendidikan yang di implementasikan oleh pemerintah terkait pendidikan

Authors

  • Desi Berliana Barus

Keywords:

komunitas, pendidikan, suku laut

Abstract

Penelitian ini akan mengkaji tentang bagaimana Komunitas Suku Asli/Laut menanggapi program-prorgram
pendidikan yang di implementasikan oleh pemerintah terkait pendidikan. Bagaimana dilema partisipasi dan
aksesibilitasi masyarakat marginal dalam menempuh pendidikan menjadi sasaran dan fokus dalam penilitian
ini.Sebagai masyarakat yang memiliki pola pikir terbelakang terhadap definisi pendidikan maka Komunitas
Suku Asli/Laut dengan khas sosial budaya (culture) yang berbeda dengan masyarakat modern lain nya
membuat Komunitas Suku Asli/Laut menjadi objek yang menarik untuk di kaji oleh banyak pihak.Penulisan
ini beranjak dari beberapa alasan dari penulis, pertama pendidikan merupakan jembatan untuk seseorang
mampu merubah kehidupan nya menjadi lebih baik dan hal ini sesuai dengan salah satu tujuan negara
Indonesia yang tertera dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 pada alenia ke 4 yaitu mencerdaskan
kehidupan bangsa. Pemerintah adalah instrument yang bertanggungjawab penuh atas penyelenggara
kehidupan di negeri ini sehingga tidak ada alasan untuk setiap masyarakat tidak mengecap dunia pendidikan.

Downloads

Published

2018-10-04

How to Cite

Barus, D. B. (2018). Respon Komunitas Suku Asli/Laut menanggapi program-prorgram pendidikan yang di implementasikan oleh pemerintah terkait pendidikan. Jurnal Ilmu Administrasi Negara (JUAN), 5(2), 19–28. Retrieved from https://ojs.umrah.ac.id/index.php/juan/article/view/699